PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KESETARAAN PAKET C DI PKBM SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA

Authors

  • Aprillia Dama Yanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Peranan Orang tua, Motivasi Belajar

Abstract

Orang tua memegang peranan yang penting dalam proses pendidikan peserta didik. Peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C yaitu menjalin komunikasi yang baik dan meluangkan waktu untuk anak, terlibat secara langsung dalam proses belajar dan memotivasi anak, mengajak liburan anak supaya tidak bosan sering belajar, memberikan reward terhadap anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C di PKBM Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Setelah tahapan tersebut,data diuji keabsahannya dengan creadibility, transferability, confirmability.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah berjalan dengan baik. Terbukti dengan orang tua memotivasi anak dalam hal pendidikan, faktor pendukung adanya komunikasi intensif yang terjalin antara fasilitator dan orang tua peserta didik. Kepekaan fasilitator dalam menghadapi peserta didik. sedangkan faktor penghambat justru dijadikan sebagai tantangan oleh fasilitator ketika melakukan proses belajar dikelas bersama peserta didik.

References

A.M Sadirman.(2001). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Ferdan, Dio. 2016. Peran Tutor Dalam Memotivasi Belajar Klien Regular Di UPT Rehabilitasi Social Anak Nakal Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: FIP Unesa
Gernatatiti,Rejeki,Karuningtyas.&Wahyanigsih,Sri. 2019. Sekolah Apa Ini ? .Yogyakarta: INSISTPress
Lily, Barlia. (2006). Mengajar dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar. Jakarta: Depdiknas.
Rahardjo,Toto,2016. KAMI TIDAK SERAGAM. Yogyakarta, Salam Books
Rahardjo, Toto. 2014. Sekolah biasa saja. Yogyakarta : progress.
Riyanto, Yatim & Trenda Aktiva. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.
Riyanto, Yatim, 2011. Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.Surabaya:UNIPRESS
Sardiman A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan Pengaruhnya Analisis dibidang Pendidikan. Bandung : Bumi Aksara Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik
Wahyuni,Retno sri,Suhanadji.& Lestari.Gunarti dwi. 2017 . Motivasi relawan sosial dalam pelaksanaan bimbingan belajar plus di sekolah rakyat kejawan putih surabaya. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Volume 01 , Nomor 01, Halaman 15 21.
Yulianigsih,Wiwin.2016.Peran pendidikan keluarga dalam literasi anak. Prosiding Seminar Nasional
Zubaedi. (2006:131). Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problema Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007), cet. IV. Tersedia di : http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/silabi-mata-kuliah inovasi-pendidikan-islam-pendidikan-agama-islam-pada-program-magister-pendidikan-agama-islam-fakultas-ilmu-tarbiyah-dan-keguruan-fitk-uin-syarif-hidayatullah-jakarta dikutip 20 april 2020.

Downloads

Published

2020-12-02
Abstract views: 529 , PDF Downloads: 23