PENILAIAN NON TES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KESETARAAN DI PKBM SANGGAR ANAK ALAM BANTUL

Authors

  • Ayu Devi Rini Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pendekatan andragogy, kursus menjahit, kompetensi

Abstract

Jam belajar yang sibuk, tes atau ujian masuk dan tugas atau pekerjaan rumah setiap mata pelajaran dalam pendidikan formal membuat peserta didik dipaksa untuk mampu memahami dan mengerjakan semua mata pelajaran yang dapat menurunkan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penilaian non tes untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kesetaraan di PKBM Sanggar Anak Alam Bantul. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pedekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa  wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Setelah dianalisis data diuji keabsahannya dengan uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian non tes di Salam melalui 5 jenis penilaian yaitu; penilaian tertulis; penilaian tingkah laku; penilaian berupa produk; penilaian berbasis wawancara dan penilaian portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik bedasarkan aspek motivasi belajar keinginan berhasil, dorongan belajar, cita-cita, penghargaan belajar, kegiatan menarik dan lingkungan belajar kondusif.  

References

Andi Setiawan, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manaemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta
Badaruddin, Achmad. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang : CV Abe Kreatifindo.
Moleong, Lexi J. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bndung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, Toto. 2019. Sekolah Biasa Saja. Yogyakarta: INSIST Press.
Riyanto, Yatim. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Rukajat, Ajat. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pendidikan Deepublish.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, Agustinus. 2012. Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Non tes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya : Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Kurniawan, Ridwan. 2016, Juli 25. (Skipsi) (online) Implementasi Pendidikan Alternatif Sekolah Dasar Di PKBM Sanggar Anak Alam (Salam) Bantul, Program studi Pendidikan Luar Sekolah. Dikutip pada 25 September 2019 dari ePrints@UNY (https://eprints.uny.ac.id/37377/).
Munawaroh, Anis Zainal. 2016, Agustus 04. (Thesis) (online) Sanggar Anak Alam (Salam) Sebagai Gerakan Perlawanan Terhadap Sekolah Formal (studi kasus di Sanggar Anak Alam Salam Nitripayan Kasihan Bantul Yogyakarta, Program studi Pendidikan Islam. Dikutip pada 25 September, 2019, dari Institutional Respository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (http://digilib.uin-suka.ac.id/21417/).
Penetapan KKM. (online) (pklk.gtk.kemendikbud.go.id.). Dikutip pada 12 Oktober 2019
Wahyuni, Retno Sri, Suhanadji, & Lestari, Gunarti Dwi. 2017. Motivasi Relawan Sosial dalam Pelaksanaan Bimbingan Belajar Plus di Sekolah Rakyat Kejawan Putih Surabaya. (online) Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Volume 01 , Nomor 01, Halaman 15 21. Dikutip pada 9 Mei 2020 dari (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/download/2405/1537).

Downloads

Published

2020-12-02
Abstract views: 270 , PDF Downloads: 26