PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI WARGA BELAJAR DI KURSUS MENJAHIT SKB CERME GRESIK

Penulis

  • Gharlistya Anne Indarti Universitas Negeri Surabaya
  • Ketut Atmaja Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pendekatan andragogy, kursus menjahit, kompetensi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pendekatan andragogi dalam pembelejaran di kursus menjahit SKB Cerme Gresik serta menganalisis dan mendeskripsikan capaian kompetensi dari warga belajar selama mengikuti kursus. Kursus dinilai menjadi salah satu sarana penunjang pendidikan kecapakan hidup. Mayoritas warga belajar yang mengikuti kursus adalah orang usia dewasa yang membutuhkan pendekatan khusus dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tutor dan warga belajar di Kursus Menjahitb SKB Cerme Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian akan dilakukan teknik analisis data melalui Reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan andragogi dalam pembelajaran di Kursus menjahit SKB Cerme, Gresik dilihat melalui (a) kesiapan belajar, (b) konsep diri dimana Kemandirian menjadi fokus yang diambil oleh peneliti, (c) peranan pengalaman dimasukkan dalam pembelajaran dengan pemberian teori dan motivasi, (d) orientasi belajar dinilai melalui pemecahan masalah yang dilakukan warga belajar. Untuk peningkatan kompetensi, peneliti melihat adanya (a) pengetahuan melalui pemahaman teori warga belajar mengenai menjahit, (b) keterampilan melalui ketelatenan warga belajar dalam menjahit, (c) sikap melalui tanggung jawab warga belajar dalam menyelesaikan tugas.

Referensi

B. Hurlock, Elizabeth. 1990. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan dalam Suatu Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Enung Fatimah. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Pustaka Setia
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2016) Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Djudju. 2001. Pendidikan Luar Sekolah , Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah dan Teori Pendukung Asas. Bandung: Nusantara Press.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta
Roesminingsih,m MV., Lamijan Hadi Susarno. 2011. Teeori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No. 20 Th. 2003. 2013. Cetakan Kelima Jakarta : Sinar Grafika.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-02
Abstract views: 365 , PDF Downloads: 17