PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME DI PKBM IMANUEL HOMESCHOOLING SURABAYA

Authors

  • Lely Saputri Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Peran Orangtua, Kemandirian Anak Down Syndrome

Abstract

Orang tua adalah sebagai pendidik yang pertama dan utama dalam pendidikan anak. Pendidikan yang dilakukan orang tua sejak dini merupakan fondasi dalam membentuk pribadi anak. Disinilah peran orangtua sangat membantu dalam membentuk kemandirian anak. Karena guru yang pertama dan utama dalam memperhatikan anak adalah orang tua. Sehingga sebagai orangtua dalam membentuk kemandirian anak harus memberikan yang terbaik. Kemandirian adalah suatu keterampilan yang harus perlu dilakukan secara terus menerus, sehingga menjadi suatu kebiasaan dan dapat melakukan sesuatu tanpa adanya bantuan orang lain. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran orangtua pada anak down syndrome, mengetahui bentuk kemandirian anak down syndrome, dan dapat memahami faktor penghambat bagi orangtua dalam membentuk kemandirian anak down syndrome.  Penelitian ini dilakukan di PKBM Imanuel Homeschooling Surabaya khususnya bagi anak down syndrome, dan untuk memperoleh data digunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak down syndrome harus lebih fokus untuk: 1) fasilitator, 2) motivator, 3) dan pembimbing yang baik kepada anak. Sehingga orangtua dapat melatih kemandirian anak melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di rumah.

References

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48-55.
Hasanah, Nadia Uswatun, Hery Wibowo, and Sahadi Humaedi. "POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME (Studi Deskriptif Pola Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Down Syndrome yang bersekolah di kelas C1 SD-LB Yayasan Pembina Pendidikan Luar Biasa Bina Asih Cianjur)." Share: Social Work Journal 5.1 (2015)
Hasanah, Nadia Uswatun, Hery Wibowo, and Sahadi Humaedi. "POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME (Studi Deskriptif Pola Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Down Syndrome yang bersekolah di kelas C1 SD-LB Yayasan Pembina Pendidikan Luar Biasa Bina Asih Cianjur)." Share: Social Work Journal 5.1 (2015).
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi 5. (Terjemahan oleh Istiwidayanti & Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.
Kukuh Aji nugroho Sumirat. 2013. Peran Orangtua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini.Diakses dari https://www.scribd.com/doc/223036014/PerananOrang-Tua-Dalam Membentuk-Kemandirian-Anak-Usia-Dini-Studi-KasusTentang-Pendidikan-Dalam-Keluarga-Peserta-Play-Group-Mamba-ul-Hisan Babata pada 1 Desember 2019, jam 14.50.
Mangunsong, F. 2011. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kedua. Depok: LPSP3 UI.
Melongeng, & Wiryadi, S. S. 2014. : Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Pembentukan Anak Down Syndrome . E-JUPEKhu, vol 3 nomor 3, 737-746.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Papalia, D.E., Old, S.W., & Feldman, R.D. 2009. Perkembangan Manusia Edisi 10. (Terjemahan: Brian Marswendy). Jakarta: Salemba Humanika.
Rahma, Miftah Setyaning, and Endang Sri Indrawati. "Pengalaman pengasuhan anak Down Syndrome (studi kualitatif fenomenologis pada Ibu yang bekerja)." Empati 6.3 (2018): 223-232.
Santrock, J. W. 2002. Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup, Jilid 1. (Terjemahan: Achmad Chusairi & Juda Damanik). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja Edisi Ke Enam (Alih Bahasa : Shinto B. Adilar Dan Shirley Saragih). Jakarta : Erlangga
Soetjiningsih. 1995. Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.
Suparmi, Suparmi, et al. "Pengasuhan sebagai Mediator Nilai Anak dalam memengaruhi Kemandirian Anak dengan Down Syndrom." Jurnal Psikologi 45.2 (2018): 141-150.
W. Creswell. J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (edisi ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiryadi, Sri Samiwasi. "POLA ASUH ORANGTUA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME X KELAS D1/C1 di SLB NEGERI 2 PADANG." JurnalPenelitian Pendidikan Khusus 3.3 (2014).

Downloads

Published

2020-12-02
Abstract views: 1578 , PDF Downloads: 61