This is an outdated version published on 2024-06-03. Read the most recent version.

Kualitas Kompetensi Guru IPS dalam Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

(Studi Deskriptif di SMP Negeri 2 Ciwaringin)

Authors

  • Elok Fadillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Sundawa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erlina Wiyanarti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v7n1.p57-64

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengajar hanya untuk memberikan informasi
atau penjelasan materi saja, sehingga pembelajaran yang disampaikan menjadi kurang bermakna. Tujuan
dari penelitian ini ialah untuk meneliti kualitas kompetensi guru dalam penerapan pendekatan
kontekstual pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru di sekolah
tersebut telah menerapkan pengetahuan kontekstualnya untuk dikembangkan dalam kegiatan
pembelajaran IPS, walaupun pada RPP guru belum menuliskannya secara rinci. 2) Faktor yang
mempengaruhi proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS yaitu penguasaan guru, kebutuhan
peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai. 3) Masalah utama yang dihadapi oleh guru dalam
penerapan pendekatan kontekstual ialah keterbatasan waktu, selain itu pada kegiatan pembelajaran IPS
yang dilakukan dengan pendekatan kontekstual, nampak begitu jelas antara peserta didik yang memiliki
kemampuan tinggi dan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang, sehingga kemudian
menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi peserta didik lain yang kurang kemampuannya. Adapun upaya
yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala tersebut ialah guru dapat terus belajar dan
memperdalam ilmunya untuk menggunakan strategi dan metode belajar yang lebih bervariasi.
Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, pembelajaran IPS, kompetensi guru

References

Daryanto, & Rahardjo, Mujo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava

Media

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama

Musfah, Jejen. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan dan Sumber

Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana

Muslich, Mansur. (2012). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru

Setiawan, Iwan, dkk. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kurikulum

2013, Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Suparlan. (2006). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suprihatiningkrum, Jamil. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Downloads

Published

2024-06-03

Versions

How to Cite

Fadillah, E., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2024). Kualitas Kompetensi Guru IPS dalam Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual : (Studi Deskriptif di SMP Negeri 2 Ciwaringin). The Indonesian Journal of Social Studies, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.26740/ijss.v7n1.p57-64

Issue

Section

Articles
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 69