jurnal pendidikan ips Plagiarisme Sebagai Fenomena Kecurangan dikalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/ijss.v7n1.p208-215Abstract
Tindakan plagiarisme merupakan kecurangan yang sering dilakukan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai tindakan plagiarism, seberapa sering mereka melakukan tindakan plagiarism dan alasan apa yang menyebabkan mereka melakukan tindakan plagiarisme. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model fenomenologi. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 13 mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi, yang dianggap sudah ideal mengenyam bangku perkuliahan selama kurang dari 4 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang sama terhadap tindakan plagiarisme dengan alasan yang hampir sama. Alasan mereka melakukan plagiarisme sebagian karena malas, dihadapkan dengan waktu pengumpulan tugas yang hampir habis, ada juga yang mengaggap tidak melakukan plagiarisme kerena sudah memodifikasi karya atau pendapat orang dengan teknik parafrase atau metode amati, tiru modifikasi serta mencantumkan sitasi dan diantaranya menggap bahwa kesuksesan dari nilai yang dia diperoleh justru lebih baik dibanding dengan meluangkan waktu untuk mengemukakan pendapat orisinil dari dirinya.
Kata Kunci: Kecurangan, Mahasiswa, Plagiarisme
References
Babalola, Yemisi. T. (2012). Awareness and Incidence of Plagiarism among Undergraduates in a Nigerian Private University. African Journal of Library, Archives & Information Science, 22(1).
Ganda, Y. (2004). Petunjuk praktis cara mahasiswa belajar di perguruan tinggi. Jakarta: Grasindo
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif.
Herdiansyah (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Lako, A. (2012). Plagiarisme akademik. Harian Jawa Pos Radar Semarang, Semarang.
J. Dwi Narwoko-Bagong Suyanto (ed.), Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004, hlm 90.
Meilani Teniwut. 2022. Pengertian Parafrase, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contoh. [online] https://mediaindonesia.com/humaniora/531691/pengertian-parafrase-ciri- ciri-tujuan-dan-contoh
Nurudin, (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Grafindo.
Suroso, 2011. “Pemikiran Ki Hajar Dewantoro tentang Belajar dan Mengajar”. Jurnal Prinsip N3 Ki Hajaar Dewamtoro.
Yusuf L.N, Syamsu & Sugandhi, Nani M. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suñol, J. J., Arbat, G., Pujol, J., Feliu, L., Fraguell, R. M., & Planas-Lladó, A. (2016). Peer and self-assessment applied to oral presentations from a multidisciplinary perspective. Assessment & Evaluation in Higher Education, 41(4), 622-637.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

