PEMBELAJARAN BERNARASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 2 SD (Sekolah Dasar)
PDF (English)

Cara Mengutip

Muzaki, F. I. (2018). PEMBELAJARAN BERNARASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 2 SD (Sekolah Dasar). Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 97–104. https://doi.org/10.26740/jpi.v4n1.p97 - 104

Abstrak

Penelitian ini mengedepankan konsep narasi yang digunakan untuk pembelajaran di sekolah dasar (SD) kelas 2. Dalam konteks ini peserta didik kelas 2 SD diajarkan untuk mengedepankan prinsip narasi dalam menceritakan kehidupan sehari-hari, perjalanan dari berangkat sekolah hingga pulang. Dalam penelitian ini diperoleh hasil 1) terjadi peningkatan kemampuan bernarasi, dan 2) terjadi penambahan kemampuan improvisasi dalam bernarasi. Disarankan kepada pendidik untuk mengedepankan kehidupan sehari-hari dalam proses mengajarkan narasi di Sekolah Dasar (SD) pada kelas rendah.

https://doi.org/10.26740/jpi.v4n1.p97%20-%20104
PDF (English)

Referensi

Brown, G., & George, G. 1983. Discourse Analysis (Cambridge Textbooks in Linguistics). (1st ed.). Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press.
Cannale, M., & Swain, M. 1983.Theoretical Bases of Communicative Approaches to Second Language Teaching and Testing. Segue Website Service e Website Service . Retrieved November 28, 2011, from https://segue.atlas.uiuc.edu/uploads/nppm/CanaleSwain.80.pdf
Department Pendidikan Nasional. 2004. Kurkulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP dan Tsanawiyah. Jakarta.
Department Pendidikan Nasional. 2004. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 16 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Departement Pendidikan Nasional. Jakarta.
Kemendikbud (2011, May 21). Pendidikan Karakter Dicanangkan Sebagai Gerakan Nasional .http://dikdas.kemdiknas.go.id. Retrieved January 1, 2012, from http://dikdas.kemdiknas.go.id/content/berita/utama/pendidikan-kar2052-2.html
Kemendikbud. Policy Brief 4. Dikdas.kemendikbud.go.id. 24 November 2012.http://118.98.166.62/application/media/file/Policy%20Brief%20Edisi%204.pdf.
Sibarani, Berlin. 1993. The Contribution of The Ability to Identify Grammatical Cohesive Ties to Reading Comprehension. Malang: IKIP Malang Program Pascasarjana. (Tesis yang tidak dipublikasikan).