DONGENG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
PDF

Cara Mengutip

Mulyani, W., & Sarujin. (2023). DONGENG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pena Indonesia, 8(2), 55–66. https://doi.org/10.26740/jpi.v8n2.p55-66

Abstrak

Abstrak

Dongeng adalah salah satu karya sastra lama, yang dulu berfungsi sebagai pelipur lara, atau pengantar tidur anak. Namun di zaman modern seperti  sekarang ini fungsi dongeng belum berubah, dongeng tetap dijadikan media pengantar tidur  untuk anak. Selain itu, juga dipakai sebagai media pendidikan  karakter anak. Baik di Taman kanak- kanak maupun di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter anak tentang   kerja keras, santun,  suka menolong dan respon anak terhadap  dongeng. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk mendongeng lisan, metode Tanya jawab untuk umpan balik,  dan metode deskripsi untuk menganalisis data. Subyek  anak Taman kanak-Kanak Idhata dengan jumlah 31. Hasil  untuk karakter kerja keras, satun dan suka menolong melalui media dongeng sangat cocok untuk anak Taman Kanak-Kanak, karena  bahasanya sederhana, tokohnya terbatas, dan alurnya hanya satu, sehingga mudah dipahami oleh anak. Sedangkan  respon anak Taman Kanak-Kanak sangat positif, karena  semua pertanyaan  yang berkaitan dengan dongeng dapat dijawab dengan benar.

Kata Kunci: dongeng,  media karakter, anak

https://doi.org/10.26740/jpi.v8n2.p55-66
PDF

Referensi

Arifin, Bustanul, 1985. Sastra Indonesia (Lama, Baru, Modern). Bandung:Lubuk Agung.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Kartono, Kartini dan Dali Gulo. 2000. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter (Refleksi untuk Pendidikan Karakter). Yogyakarta: LaksBang Preessindo.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.

Wahidin. 2009. Hakikat Sastra Anak. http: makalahkumakalahmu.com diunduh 11 September 2009 06:42 WIB.