Abstract
Abstrak
Dongeng adalah salah satu karya sastra lama, yang dulu berfungsi sebagai pelipur lara, atau pengantar tidur anak. Namun di zaman modern seperti sekarang ini fungsi dongeng belum berubah, dongeng tetap dijadikan media pengantar tidur untuk anak. Selain itu, juga dipakai sebagai media pendidikan karakter anak. Baik di Taman kanak- kanak maupun di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter anak tentang kerja keras, santun, suka menolong dan respon anak terhadap dongeng. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk mendongeng lisan, metode Tanya jawab untuk umpan balik, dan metode deskripsi untuk menganalisis data. Subyek anak Taman kanak-Kanak Idhata dengan jumlah 31. Hasil untuk karakter kerja keras, satun dan suka menolong melalui media dongeng sangat cocok untuk anak Taman Kanak-Kanak, karena bahasanya sederhana, tokohnya terbatas, dan alurnya hanya satu, sehingga mudah dipahami oleh anak. Sedangkan respon anak Taman Kanak-Kanak sangat positif, karena semua pertanyaan yang berkaitan dengan dongeng dapat dijawab dengan benar.
Kata Kunci: dongeng, media karakter, anak
References
Arifin, Bustanul, 1985. Sastra Indonesia (Lama, Baru, Modern). Bandung:Lubuk Agung.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
Kartono, Kartini dan Dali Gulo. 2000. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.
Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter (Refleksi untuk Pendidikan Karakter). Yogyakarta: LaksBang Preessindo.
Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.
Wahidin. 2009. Hakikat Sastra Anak. http: makalahkumakalahmu.com diunduh 11 September 2009 06:42 WIB.