MEDIA SOSIAL “TIKTOK” SEBAGAI PUISI KREATIF BERBASIS LITERASI DIGITAL
PDF

Cara Mengutip

Kusmiaji, I. G. N. K., Kisyani Laksono, & Miftachul Amri. (2023). MEDIA SOSIAL “TIKTOK” SEBAGAI PUISI KREATIF BERBASIS LITERASI DIGITAL. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 9–23. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/15835

Abstrak

Abstrak

Bermain dan menonton media sosial TikTok merupakan aktivitas yang sedang populer dilakukan oleh peseta didik saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manfaat media Sosial TikTok sebagai puisi kreatif berbasis literasi digital. Penelitian ini termasuk pada kualitatif dipadukan dengan metode yaitu metode deskriptif. Sumber data penelitian berupa larik dan bait pada akun TikTok puisi @ceritapuisikata dan @kutipanhati_cm. Kriteria akun yaitu jumlah pengikut lebih dari 2.500 dan mengunggah puisi kreatif dengan jumlah penonton lebih dari 1.000 secara berkala atau sehari-hari. Data-data penelitian berupa teks puisi untuk bukti-bukti data pada hasil dan pembahasan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik hermeuneutik. Hasil penelitian yaitu Analisis Makna Puisi Kajian Semiotika Teori Charles Sanders Peirce, Kegunaan Fitur TikTok Sebagai Literasi Digital, dan Interaksi antara literasi digital dan konten puisi TikTok terhadap penguasaan kosakata.

Kata Kunci: Literasi digital, TikTok, Puisi, Kajian Semiotika

 

ABSTRACT

Playing and watching TikTok social media is an activity that is currently popular with students. The purpose of this study is to describe the benefits of TikTok social media as creative poetry based on digital literacy. This research is included in the qualitative method combined with the descriptive method. Sources of research data in the form of arrays and stanzas on the TikTok poetry accounts @ storiespuisikata and @kutipanhati_cm. The account criteria are the number of followers more than 2,500 and uploading creative poetry with an audience of more than 1,000 regularly or every day. The research data are in the form of poetry texts for data evidence on the results and discussion. The research data collection technique used in this research is hermeneutic technique. The results of the research are the analysis of the meaning of poetry in the semiotic study of Charles Sanders Peirce's theory, the usefulness of TikTok features as digital literacy, and the interaction between digital literacy and TikTok poetry content on vocabulary mastery.

Keywords: Digital Literacy, TikTok, Poetry, Semiotic Studies

PDF

Referensi

Afifah, Nida. 2018. Gambaran Tentang Islam pada Film Pesantren Impian (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Bisri, Akhmad Kholil. 2020. Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure pada Iklan Rokok Class Mild (Act Now) Tahun 2013 di Youtube. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, Vol.

No. 2 Desember 2020.

Cahyani, Anis. 2021. Analisis Pesan Dakwah dalam Program Acara Khazanah Trans7, (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

Daniati dkk. 2019. Analisis Sosok Laisa dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Jurnal Kompetensi, Vol. 1 No. 1 Juni 2019.

Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra.

Jakarta: CV Al Chalief.

Fitri, Syarif. 2017. Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu “Cerita Tentang Gunung Dan Laut” Karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, Vol. 8 No.

September 2017.

Halid, Riska. 2019. Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Novel “Manjali” dan “Cakrabirawa” Karya Ayu Utami. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Masfufah, Ayun. 2020. Konstruksi Nilai- Nilai Nasionalisme dalam Lirik Lagu(Analisis Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu “Menoleh” oleh Pandji Pragiwaksono). Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 11, No. 2.

Sitompul, Anni Lamria. 2021. Analisis Poster Video Klip Lathi : Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure. Jurnal Besaung: Seni Desain da Budaya, Vol. 6, No. 1. 1 Maret 2021.