PETANDA PADA CERPEN ANAK “KE HUTAN” KARYA YOSEP RUSTANDI PENDEKATAN SEMIOTIK: FERDINAND DE SAUSSURE
PDF

Cara Mengutip

Tanti, S., & Khaerunnisa. (2023). PETANDA PADA CERPEN ANAK “KE HUTAN” KARYA YOSEP RUSTANDI PENDEKATAN SEMIOTIK: FERDINAND DE SAUSSURE: Sastra Anak, Kajian Semiotika. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 1–8. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/15537

Abstrak

Artikel ini membahas tentang kajian semiotik Ferdinand De Saussure pada cerpen anak yang berjudul “Ke Hutan” karya Yosep Rustandi. Tujuan penelitian ini ialah mengupas penanda dan petanda pada cerpen anak “Ke Hutan” dengan studi semiotik Ferdinand De Saussure. Karena bukan hanya cerpen dewasa yang bisa dianalisis oleh pendekatan semiotik, tetapi cerpen anak juga bisa dianalisis, bahkan semua karya sastra dapat dianalisis dengan pendekatan semiotik.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana lebih menekankan pada makna dan diuraikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik membaca cerpen, memahami dan mencatat, seperti penelitian jenis pustaka. Hasil dan pembahasannya terdapat beberapa penanda (signifier) dan petanda (signifier) dalam cerpen anak "Ke Hutan" karya Yosep Rustandi yaitu ada 11 tanda yang dapat diamati yaitu, (1) benda untuk menunjukkan tujuan, (2) sifat tokoh Rakey, (3) nasihat kebaikan, (4) keadaan yang berlawanan, (5) latar belakang pengarang, (6) motivasi tersirat, (7) majas personifikasi, (8) solidaritas dan kebersamaan, (9) pesan moral, (10) unsur religius dan (11) kesederhanaan serta keasrian alam.   Sehingga, muncul makna baru yang lebih kompleks.

 

PDF

Referensi

Afifah, Nida. 2018. Gambaran Tentang Islam pada Film Pesantren Impian (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Bisri, Akhmad Kholil. 2020. Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure pada Iklan Rokok Class Mild (Act Now) Tahun 2013 di Youtube. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, Vol.

No. 2 Desember 2020.

Cahyani, Anis. 2021. Analisis Pesan Dakwah dalam Program Acara Khazanah Trans7, (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

Daniati dkk. 2019. Analisis Sosok Laisa dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Jurnal Kompetensi, Vol. 1 No. 1 Juni 2019.

Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra.

Jakarta: CV Al Chalief.

Fitri, Syarif. 2017. Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu “Cerita Tentang Gunung Dan Laut” Karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, Vol. 8 No.

September 2017.

Halid, Riska. 2019. Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Novel “Manjali” dan “Cakrabirawa” Karya Ayu Utami. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Masfufah, Ayun. 2020. Konstruksi Nilai- Nilai Nasionalisme dalam Lirik Lagu(Analisis Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu “Menoleh” oleh Pandji Pragiwaksono). Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 11, No. 2.

Sitompul, Anni Lamria. 2021. Analisis Poster Video Klip Lathi : Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure. Jurnal Besaung: Seni Desain da Budaya, Vol. 6, No. 1. 1 Maret 2021.