Kepercayaan Diri Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Main Article Content

Shinta Ayu Safitri
Agung Listiadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, serta kepercayaan diri dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jenis penelitian yakni penelitian kuantitatif. Responden terdiri dari mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA angkatan 2016 yang berjumlah 81 mahasiswa, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang diterapkan yakni permodelan persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan intelektual tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, koefisien jalur 0,071 dan p=0,257. Kecerdasan emosional berpengaruh negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, koefisien jalur -0,259 dan p<0,001. Perilaku belajar bepengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, koefisien jalur 0,397 dan p<0,001. Kepercayaan diri bukan merupakan variabel moderating antara kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, namun secara simultan berpengaruh, koefisien jalur 0,348 dan p<0,001. Kepercayaan diri memperkuat pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, koefisien jalur 0,146 dan p=0,087. Kepercayaan diri memperlemah pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, koefisien jalur -0,222 dan p=0,018.

Article Details

How to Cite
Safitri, S. A., & Listiadi, A. (2020). Kepercayaan Diri Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p85-96
Section
Articles

References

Apriandi, R. F. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Motivasi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai variabel Moderating. Journal of Chemical Information and Modeling.

Budhiyanto, S. J., & Nugroho, P. I. (2004). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 10(2), 260281.

Cetin, B. (2015). Academic Motivation And Self-Regulated Learning In Predicting Academic Achievement in College. Journal of International Education Research (JIER), 11(2), 95106. https://doi.org/10.19030/jier.v11i2.9190

Chaer, V., & Usman, O. (2019). The Effect Of Emotional Intelligence, Learning Behavior, Learning And Interest On The Level Of Understanding In Accounting Accounting Students Faculty Of Economic. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3415490

Dewi, E. T. P., Wafirotin, K. Z., & Hartono, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 3441. https://doi.org/10.24269/iso.v2i1.124

Dewi, N. P. R. A., & Wirama, D. G. (2016). Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 615644.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosi¯: Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ (T. Hermany (ed.)). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. Gramedia Pustaka.

Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariyoga, S., & Suprianto, E. (2015). Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(3), 7590. https://doi.org/10.24914/jeb.v18i3.281

Hermawan, R., & Rochmawati. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(01), 109113.

Lauster, P. (2006). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.

Madhuri, N. I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 3143. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p31-43

Onah, & Sofia, M. (2015). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi UMRAH. Jemi, 6(2), 112.

Pramayanti, A. D., & Listiadi, A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika Ekonomi, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaamn Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 00(00), 110.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariant Permodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.

Sternberg, R. J. (2008). Psikologi Kognitif. Pustaka Pelajar.

Sunar, D. (2010). Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, dan SQ: Cara Mudah Mengenali dan Memahami Kepribadian Anda. Flash Books.

Suwardjono. (2004). Perilaku Belajar Di Perguruan Tinggi. www.suwardjono.com

Wardani, N. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Prilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2., 20(2), 11331161.

Zakiah, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Ekonomi Universitas Jember.