Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi

Main Article Content

Shinta Bunga Oryza
Agung Listiadi

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui ada atau tidak dampak motivasi belajar, status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar, ada atau tidak dampak prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, ada atau tidak dampak motivasi belajar, status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, ada atau tidak dampak motivasi belajar , status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak adanya dampak motivasi belajar terhadap prestasi belajar, adanya dampak sangat signifikan status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar, adanya dampak signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, adanya dampak sangat signifikan motivasi belajar belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, tidak adanya dampak status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, prestasi belajar tidak mampu memediasi motivasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi prestasi belajar , prestasi belajar mampu memediasi sempurna status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Article Details

How to Cite
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36
Section
Articles
Author Biographies

Shinta Bunga Oryza, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA angkatan 2016. Akreditasi Prodi A

Agung Listiadi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA

References

Agustina, R. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar,Prestasi Belajar,Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi S1 Akuntansi Pada Siswa SMK Swasta di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 116.

Ayu Puspita. (2015). Pengaruh Sikap dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Slta Ulu Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi Binus, 2(2).

Barokah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 453469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Agustina, R. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar,Prestasi Belajar,Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi S1 Akuntansi Pada Siswa SMK Swasta di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 116.

Ayu Puspita. (2015). Pengaruh Sikap dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Slta Ulu Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi Binus, 2(2).

Barokah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 453469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1, 7990. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90

Djamarah, S. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Durroh, S. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar dan Minat melanjutkan Studi Program Megister Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2).

Elizabeth, H. (2006). Psikolog Perkembangan Suatu Pendeketakan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed.; Sijabat Max Ridwan, ed.). Jakarta: Erlangga.

Kharisma, N. (2015). Pengaruh Motivasi,Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan sTeman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(7).

Maknunah, J. (2015). Hubungan Antara Dukungan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Karangploso. Jurnal Psikologi, 2(6), 17.

Munib Abdul, Shaleh, A. R. & W. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif. Jakarta: Prenada Media.

Pamudi, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Negeri dengan Mempertimbangkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Rahmawati, Y. (2015). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Jurnal Pendidikan Akuntansi. 3(2), 19.

Ramadhan, Rahmat, Marwan, A. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa Smk Nasional Padang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 140147.

Sardiman. (2011). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar (Revisi). Jakarta: RajaGrafindo persada.

Solimun, Rinaldo, A. A., & Fernandes, N. (n.d.). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Uno, B. H. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya (1st ed.; junwinanto, ed.). Jakarta.

Whimster Sam. (1987). Max Weber, Rationality and Modernity. New York: Routledge Libary Editions:Weber.