Perbandingan Hasil Belajar Matakuliah Pengantar Ekonomi Mikro Pada Mahasiswa Lulusan Program IPA dan IPS

Main Article Content

Nur Sasmitaning Rahayu

Abstract

Adanya mahasiwa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 yang memiliki latarbelakang konsentrasi pendidikan selain IPS merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji. Mahasiwa akan bersaing secara akademis untuk meningkatkan hasil belajar secara maksmial. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi mikro pada mahasiswa lulusan program IPA dan IPS di Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 278 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis Uji t menggunakan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan hasil uji t memperoleh signifikansi sebesar 0.135 atau lebih dari 0,05. Selain itu diketahui juga bahwa t-hitung > t-tabel atau -1,50 > -1,96 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga disimpulkan tidak ada perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar mikro antara mahasiswa lulusan program IPA maupun mahasiswa lulusan program IPS dikarenakan adanya faktor eksternal yang mempengarui hasil belajar mahasiwa.

Article Details

How to Cite
Rahayu, N. S. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Matakuliah Pengantar Ekonomi Mikro Pada Mahasiswa Lulusan Program IPA dan IPS. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p49-56
Section
Articles

References

Arifin. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafinda Persada.

Ferdianto, F., Setiyani, & Maharani. A. (2015). Uji Komparasi Antara Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa yang Berasal dari Lulusan SMA IPA dan Bukan IPA pada Mata Kuliah Kalkulus III di Unswagati Cirebon. Jurnal Euclid. 2(1).

Junira, S., Gusarnadi, & Hendripides. (2015). Analisis Perbedaan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Ekonomi antara Lulusan IPS dan Non IPS terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa. 2 (2).

Lesmana, H., Hasriana, & Febrianti, S. (2016). Analisis Komparatif Hasil Studi Mahasiswa Latar Belakang SMK dan SMA di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Borneo Tarakan. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan. 14(1).

Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Perstasi Pustakarya.
Permendiknas. (2013). Permendiknas 2006 tentang SI dan SKL. Jakarta: Sinar Grafika.

Rohmah. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Vembriarto. (1984). Pendidikan Sosial Jilid Pertama.Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.