Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Literasi Ekonomi Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Pada era teknologi dibutuhkan manusia yang cerdas ekonomi dan bisa memperoleh pendapatan bagi dirinya. Mahasiswa diharapkan dapat mengambil keputusan yang terbaik pada saat yang tepat, serta mampu mencapai kesejahteraan hidupnya. Agar menjadi orang yang cerdas dalam mengelola pendapatan sangat diperlukan kemampuan literasi ekonomi yang tinggi sehingga dapat mencapai kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar terhadap tingkat literasi ekonomi mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Negeri Surabaya dengan jumlah 78 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomi mahasiswa; (2) hasil belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomi mahasiswa; (3) Secara simultan variabel status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomi mahasiswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Haryono, A. (2013). Pengaruh Persepsi Proses Pembelajaran , Penilaian dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Literasi Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(1), 917.
Jappelli, T. (2010). Economic Literacy: An International Comparison. The Economic Journal, 120(548).
Kusniawati, M., & Kurniawan, R. Y. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 19.
Lipset, S. M. (1959). Some Sosial Requisites of Democracy: Economic Development and Political Legitimacy. The American Poitical Science Review, 53(1).
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 7685.
Mathews, L. G. (1999). Promoting Economic Literacy : Ideas for Your Classroom. Paper Prepared for the 1999 AAEA Annual Meeting Nashville, Tennessee.
Ningsih, N. A., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Ekonomi dan Gender Terhadap Tingkat Melek Ekonomi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 15.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, L. E. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi orang Tua dan hasil belajar Ekonomi Terhadap Literacy Ekonomu di SMP 43 Surabaya. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Sabri, M.F. & Gudmunson, C.C. (2012). Finansial Well-being of Malaysian College Student. Asian Education and Development Studies, 1 (2).
Santrock, John W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135143.
Soekanto, Soerjono. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Walstad, W. B., Watts, M. & Rebeck, K. (2013). Test of Economic Literacy Examiners Manual.4 ed. New York: The Council for Economic Education.
Yasmin, F. (2014). Determinants of Economic Literacy at University Level : A Case of Pakistan. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, 8(3), 914924.