Analisis Penerapan Blended Learning Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan Di Era New Normal
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun pada kenyataannya awal tahun 2022 penyebaran virus covid-19 semakin meningkat sehingga pembelajaran kembali dilakukan secara daring. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang memahami serta mengerti konsep materi pembelajaran yang sesungguhnya. Oleh karena itu diterapkanlah blended learning pada mata kuliah ekonomi pembangunan di era new normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan blended learning pada mata kuliah ekonomi pembangunan di era new normal. Metode pengumpulan data meliputi observasi, survei dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan blended learning pada mata kuliah ekonomi pembangunan di era new normal mampu memberikan variasi dalam pembelajaran di era new normal sehingga proses pembelajaran pada mata kuliah ekonomi pembangunan lebih menarik dan bermakna bagi mahasiswa. Hal tersebut didukung dari segi: variasi proses pembelajaran, kolaborasi, kehadiran mahasiswa, penilaian, serta dukungan bahan ajar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2022). Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi COVID-19. In Https://Malangkota.Bps.Go.Id/ (Vol. 3573). https://covid-19.bps.go.id/
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. RajaGrafindo Persada.
Fitri, S., & Zahari, C. L. (2019). The implementation of blended learning to improve understanding of mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012109
Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 89. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.24294
Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Margolis, A. R., Porter, A. L., & Pitterle, M. E. (2017). Best practices for use of blended learning. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(3). https://doi.org/10.5688/ ajpe81349
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. In edition 3. Singapore: SAGE publication.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, N., Nizwardi, J., & Syahril. (2019). Model Blended Learning. Riau: Unilak Press.
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning Dan Aplikasinya Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2). https://jurnal.polbangtanmalang.ac.id/index.php/agriekstensia/article/view/936
Nuris, D. M., Nuraini, U., & Nagari, P. M. (2018). Blended Learning Application in the Accounting Education: Life-based Learning Paradigm. KnE Social Sciences, 3(3), 71. https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1874
Santi, N. W. A., & Indrayani, L. (2021). Adaptasi Tindakan Ekonomi Pelaku Sektor Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 417. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.41247
Tayebinik, M., & Puteh, M. (2013). Blended Learning or E-learning? 2008. http://arxiv.org/abs/1306.4085
Widiara, I. K. (2018). Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. 2(2). Jurnal Purwadita