Analisis Penerapan Blended Learning Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan Di Era New Normal
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun pada kenyataannya awal tahun 2022 penyebaran virus covid-19 semakin meningkat sehingga pembelajaran kembali dilakukan secara daring. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang memahami serta mengerti konsep materi pembelajaran yang sesungguhnya. Oleh karena itu diterapkanlah blended learning pada mata kuliah ekonomi pembangunan di era new normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan blended learning pada mata kuliah ekonomi pembangunan di era new normal. Metode pengumpulan data meliputi observasi, survei dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan blended learning pada mata kuliah ekonomi pembangunan di era new normal mampu memberikan variasi dalam pembelajaran di era new normal sehingga proses pembelajaran pada mata kuliah ekonomi pembangunan lebih menarik dan bermakna bagi mahasiswa. Hal tersebut didukung dari segi: variasi proses pembelajaran, kolaborasi, kehadiran mahasiswa, penilaian, serta dukungan bahan ajar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akkoyunlu, B., & Soylu, M. Y. (2006). A study on students’ views on blended learning environment. Turkish Online Journal of Distance Education, 7(3), 43–56.
Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109
Amalia, D. Y., & Julia, J. (2022). Transisi Pendidikan Era New Normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1618–1628. https://doi.org/0.31004/basicedu.v6i2.2171
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2022). Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi COVID-19. In Https://Malangkota.Bps.Go.Id/ (Vol. 3573). https://covid-19.bps.go.id/
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. 5(2), 74–87.
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. RajaGrafindo Persada.
Farida, A., & Indah, R. P. (2018). Penerapan Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Critical Thinking Mahasiswa. 5(2), 19–27. https://doi.org/https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/138
Fitri, S., & Zahari, C. L. (2019). The implementation of blended learning to improve understanding of mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012109
Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 89. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.24294
Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Margolis, A. R., Porter, A. L., & Pitterle, M. E. (2017). Best practices for use of blended learning. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(3). https://doi.org/10.5688/ ajpe81349
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. In edition 3. Singapore: SAGE publication.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, N., Nizwardi, J., & Syahril. (2019). Model Blended Learning. Riau: Unilak Press.
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning Dan Aplikasinya Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2). https://jurnal.polbangtanmalang.ac.id/index.php/agriekstensia/article/view/936
Nuris, D. M., Nuraini, U., & Nagari, P. M. (2018). Blended Learning Application in the Accounting Education: Life-based Learning Paradigm. KnE Social Sciences, 3(3), 71. https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1874
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Rizkiyah, A. (2015). Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. 1, 40–49.
Santi, N. W. A., & Indrayani, L. (2021). Adaptasi Tindakan Ekonomi Pelaku Sektor Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 417. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.41247
Santi, N. W. A., Indrayani, L., & Musmini, L. S. (2021). Adaptation of Mertasari Kite Shop’s Economic Activities During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197(Teams), 146–150. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.022
Santyasa, I. wayan. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, xix–xxxii.
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://jbasic.org/ index.php/basicedu/article/view/1137
Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506
Suseni, K. A. (2021). Pembelajaran Blanded Learning Pada Pendidikan Agama Hindu Saat Pandemi Covid-19. 9(September), 21–29. https://doi.org/http://jurnal.stahnmpukuturan. ac.id/ index.php/dharmaacarya
Tayebinik, M., & Puteh, M. (2013). Blended Learning or E-learning? 2008. http://arxiv.org/abs/1306.4085
Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. 07(01), 30–44. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. JKTP, 1(1), 13–18. http://journal2.um.ac.id/index.php /jktp/article/view/2852
Widiara, I. K. (2018). Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. 2(2). Jurnal Purwadita