Pengaruh Pemanfaatan E-Commerce dan Locus of Control terhadap Kinerja Usaha Mahasiswa Pelaku Bisnis Online

Main Article Content

Novitasari Arumaningtyas
Leny Noviani
Harini Harini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan e-commerce dan locus of control terhadap kinerja usaha pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNS sebagai pelaku bisnis online. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan e-commerce dan locus of control terhadap kinerja usaha bisnis online pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mahasiswa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini sebagai peluang usaha. Salah satunya dengan memanfaatkan e-commerce. Pengendalian locus of control yang ada dalam diri mahasiswa ini menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mewujudkan keberhasilan wirausaha.

Article Details

How to Cite
Arumaningtyas , N., Leny Noviani, & Harini, H. (2022). Pengaruh Pemanfaatan E-Commerce dan Locus of Control terhadap Kinerja Usaha Mahasiswa Pelaku Bisnis Online. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 101–112. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p101-112
Section
Articles

References

Helmawati, H., Ethika, E., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja dan Locus of Control Terhadap Kinerja Individu Pada UMKM di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17215

Lestari, P. A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi dan Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Makassar (Issue 2017). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Retnoningtyas, S. (2012). Pengaruh Faktor Sosial dalam Adopsi E-Commerce. In Skirpsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rum, M. (2013). Locus of Control, Innovation, Performance of the Business People in the Small Business and Medium Industries in South Sulawesi. Journal of Economics, Business, and Accountancy | Ventura, 15(3), 373. https://doi.org/10.14414/jebav.v15i3.108

Tharob, G. F., Mingkid, E., & Paputungan, R. (2017). Analisis Hambatan Bisnis Online bagi Mahasiswa UNSRAT. E-Journal Acta Diurna, 6(2). https://media.neliti.com/media/publications/93581-ID-analisis-hambatan-bisnis-online-bagi-mah.pdf