Studi Evaluatif Tentang Keberadaan Sekolah Program Bakat Istimewa Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan Tingkat SMP/MTs

Nanik Indahwati, Suroto Suroto, Zainul Aripin

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang keberadaan sekolah program bakat istimewa (khususnya bidang olahraga) dengan cara menganalisis dan mengevaluasi berdasarkan 8 standar nasional pendidikan tingkat SMP/MTs yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolahan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

            Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana sumber data diperoleh dari : informan, yaitu meliputi Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana, Waka Bendahara, Ketua Program Bakat Istimewa, guru dan pelatih, serta siswa) dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Sementara hasil penelitian menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil dari temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Keberadaan Sekolah Program Bakat Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III dari awal diselenggarakan pada tahun pelajaran 2013/2014 sampai dengan 2016/2017 telah mengalami peningkatan dalam pemenuhan sarana dan prasarana bagi peserta didik program bakat istimewa, meskipun masih ada yang harus ditingkatkan lagi berkaitan dengan lapangan yang digunakan dalam proses latihan. Sedangkan dalam Standar Penilaian masih kurang spesifik dalam perumusan kompetensi. Hal ini terlihat dari format raport yang tidak disesuaikan dengan cabang olahraga yang dipilih oleh peserta didik, (2) Keberadaan Sekolah Program Bakat Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III meningkatkan mutu peserta didik khususnya dalam bidang non-akademik olahraga. Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang dihasilkan baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional yang diperoleh madrasah melalui peserta didik yang menempuh program bakat istimewa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Cepi, S.A.J. (2014). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Standar Pengelolahan PendidikanOleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fredricks, J. A., Alfeld, C., &Eccles, J. (2010) Developing and fostering in academic and non-academic domains.ProQuest Professional Education.Advance online publication, 54 (1). Doi: 001: 10.1177/0016986209352683

Imburgia, T. (2014) Comparing over excitability scores between STEM talented students and generally gifted students using the OEQ-II. Advance Development Journal. 14 (1).

Karin, M. B. B., & Doret, J. R. (2011). Five values of giftedness. ProQuest Professional Education. Advance online publication. 33 (3), 198-207. Doi: 10.1080102783193.2011.580502

Kathryn, C. (2012). Race to the future: Innovations in gifted and enrichmenteducation in Asia, and implications for the United States. Administrative Sciences.2, 1-25. doi:10.3390/admsci2010001

Khamidi, A. (2011). Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Olahraga (Studi Multi Kasus pada Sekolah Sepak Bola di Surabaya, Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Sidoarjo dan Prodi S1, S2, S3 Olahraga Universitas Negeri Surabaya). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/15601.

Krasilshchikov, O. (2011) Talent recognition and development elaborating on a principle model. International Jounal of Development Sport Management. 1(1).

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015. Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.Jakarta: Departemen Agama

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 16 Tahun 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum.Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006.Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor17Tahun2010. Pengelolaandan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Polyzopoulou, K.,Kokaridas, D., Patsiaouras,A., &Gari, A. (2014).Teachers’ perceptions toward education of gifted children in greek educational settings. Journal Of Physical Education And Sport. Advance online publication. 14 (2), 211-221. Doi:10.7752/jpes.2014.02033

Pomortseva, N. P., &Gabdrakhmanova, N. V. (2015). Gifted education in the republic oftatarstan: new challenges and innovative decisions. JournalofSustainableDevelopment. 8(5). doi:10.5539/jsd.v8n5p218

Singh, R.,&Paliwal, K. (2013). Gifted child:An exception. Indian Journal of Health andWellbeing. 4(5), 1214-1216.

Stefko, R.,& Sojka, L. (2014). Position of talent management in context of organizational functions. European Scientific Journal. 1 (1), 346-356.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumaryanto. (2010, Juli). Pengelolaan Pendidikan Kelas Khusus Istimewa Olahraga menuju tercapainya PrestasiOlahraga. Makalah, dipresentasikandalamacara Program Kelas Khusus Olahraga di SMAN 4 Yokyakarta,Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen.Jakarta

Winsler, A., Karkhanis, D. G., Kim, Y. K., & Levitt, J.(2013) Beingblack, male,and gifted inmiami: Prevalence and predictors of placement inelementary school gifted education programs. Urban Rev.Advance online publication. 45, 416-447. Doi:10.1007/s11256-013-0259-0.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Sport Science and Education (JOSSAE) E-ISSN : 2548-4699

Indexed by :

 

Alamat Penyunting dan Tata Usaha

Sekretariat JOSSAE. Gedung U1 Lantai 2

FIK - Unesa Lidah Wetan, 60213 Surabaya - Jawa Timur

Phone: 031-7532571 Fax 031-7532759

Whatssapp: +4915175575317, 081235964624

Hmepage : http : //fik.unesa.ac.id

E-mail: jossae.fik@unesa.ac.id

 

 

Journal of Sport Science and Education (JOSSAE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License