Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Authors

  • Resty Resty Gustiawati Singaperbangsa of University

DOI:

https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Keywords:

physical education learning models, teacher ability, learning strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Model-model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes pada Guru Penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama PGRI Tegalwaru Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan jenis etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang informan dari guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Pertama di wilayah Karawang Selatan. Dari hasil analisa data penelitian yaitu yaitu implementasi  model-model pembelajaran penjas dalam meningkatkan kemampuan guru memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran pada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama PGRI Kecamatan Tegalwaru Karawang belum diimplementasikan kedalam proses pembelajaran sehingga peningkatan kemampuan guru dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran belum optimal.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bruce, Joyce. Et al. 2000. Models of Teaching. 6th Ed. Allyn & Bacon: London
Djaman Sutori. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:
Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Hamzah B. Uno . 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani, Bandung: Alfabeta.
Ibrahim R, Syaodih S Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution. S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung:
Tarsito.
Nazir. 2003. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi
Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Pemula, Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan
Profesionalisme Guru Edisi Ke Dua. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada.
Singarimbun, Masri. 2006. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES Indonesia.
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses
Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suherman, Adang. 2009. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Alternatif Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran dalam Pengajaran Penjas, Bandung: FPOK UPI.
Sukintaka. 2004. Teori Pendidikan Jasmani, Bandung: Nuansa

Published

2017-01-17

How to Cite

Gustiawati, R. R. (2017). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 1(1), 27–31. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 4021 , PDF Downloads: 17082