MODEL PERMAINAN COLOURFULL BALL TARGET DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL BAGI SISWA TUNARUNGU

Authors

  • aris mulyono PJKR FIK Unnes

DOI:

https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p8-11

Keywords:

development, small ball game, colourful ball target game, deaf

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran penjasorkes melalui permainan colourfull ball target dalam pembelajaran permainan bola kecil bagi siswa tunarungu SDLB Negeri di kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall. Hasil penelitian ini adalah validari dari ahli diperoleh data evaluasi produk  awal yaitu, ahli penjas adaptif 72,00% (Baik) dan ahli penjasorkes 74,66% (Baik). Uji kelompok kecil yaitu ahli penjas adaptif 81,33% (Baik) dan ahli penjasorkes 85,33% (Baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan rata-rata presentase  89.78% (Baik). Berdasarkan hasil peneltian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan Colourfull Ball Target ini dapat diterapkan untuk siswa Tunarungu SDLB Negeri di Kabupaten Kudus dan disarankan bagi  guru PJOK SDLB Negeri di Kabupaten Kudus  model permainan ini agar model permainan ini menjadi alternatif penyampaian pembelajaran permainan bola kecil yang dengan adanya permainan ini diharapkan pembelajaran akan lebih menarik dan aman untuk siswa.

References

Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensido.

Biro Humas dan Hukum Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2008. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Elly Sari Melinda. 2013. Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Jakarta Timur : Luxima

Esthy Wikasanti. 2014. Pengembangan Live Skill untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Nasional.

Gino, H.J. et al. 2000. Belajar dan Pembelajaran I. Surakarta:UNS Perss.

Hustarta dan Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Zdepartement Pendidikan Nasional.

IG.A.K Wardani., dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta :

Universitas Terbuka

Jawandono, Irawan. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif

Melalui Media Permainan Bangun Pintar Berwarna Pada Siswa Tunarungu SDLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, Ega Trisna.2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Pranada Media Grup.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subagiyo. 2008. Perencanaan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiono. 2009. Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sukintaka.2004. Teori Pembelajaran. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Suwarjo dan Imania E.2010.Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta:Paramitra Publishing.

Tarigan Beltasar. 2000. Pendidikan Jasmani Adaptif. Departemen Pendidikan

Nasional Dasar dan Menengah. Jakarta.

Tim Pengembang Bahan Ajar Program Khusus SLB Tunarungu. 2010. Bina

Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama. Jakarta : Kementerian Pendidikan

Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Yani Meimulyani dan Asep Tiswara. 2013. Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi

Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur : Luxima

Published

2017-01-17

How to Cite

mulyono, aris. (2017). MODEL PERMAINAN COLOURFULL BALL TARGET DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL BAGI SISWA TUNARUNGU. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 1(1), 8–11. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p8-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 513 , PDF Downloads: 2159