Penerapan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Formulir Berbantuan Media Pembelajaran Vpams-Ppt untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai

Authors

  • Dody Tri Iwandana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Dwi Arif Stiyapranomo MTs Negeri 3 Bantul

DOI:

https://doi.org/10.26740/jossae.v7n1.p58-65

Keywords:

Floor gymnastic, google form, physical education, vpams-ppt

Abstract

This study aims to improve the process and learning outcomes of students in absorbing motion material for floor gymnastics activities with the application of demonstration and assignment methods at MTsN 3 Bantul. This type of research is a type of classroom action research. The subjects of this study were students of class VIII D MTsN 3 Bantul, totaling 30 children. The results showed that the application of the Google form-based demonstration and assignment method with the help of VPAMS-ppt learning media to improve learning outcomes of floor gymnastics for class VIII D Students of MTs Negeri 3 Bantul. Based on the results of data analysis at the end of the cycle, the graduation achievement rate in the knowledge assessment aspect is 80% while the graduation achievement in the skills aspect reaches 83.33% with a KKM score of 75. Thus, it can be concluded that the implementation of demonstration methods and assignments based on google forms assisted media VPAMS-ppt learning to improve learning outcomes of floor gymnastics for Class VIII D MTs Negeri 3 Bantul students was successful.

References

Adi, Sapto, and Abi Fajar Fathoni. 2020. “Mobile Learning Sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(8):1158–65. doi: 10.17977/jptpp.v5i8.13946.

Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.” P. 78 in Bumi Aksara.

Dewi K. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):81–96.

Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” 3. Retrieved (osf.io/mpng9/download).

Hayati, Nur. 2020. “Metode Pembelajaran Daring / E-Learning.” Journal of Ganesha University 5(2):187–94.

Heri, Lalu, Ani Rusilowati, and Tri Joko Raharjo. 2017. “Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Educational Research and Evaluation 6(1):19–29.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1):65–70. doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

Huda, Wafiq Nurul. 2018. “Pembentukan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional.” Pp. 243–47 in Prosiding Seminar Nasional "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa dalam Menghadapi Tantangan Global.

Iwandana, Dody Tri, Sugiyanto, and M. Furqon Hidayatullah. 2018. “Traditional Games to Form Children ’ s Characters In Dieng Plateau Banjarnegara Central Java Indonesia.” Journal of Education, Health and Sport 8(11):407–15.

Kiabeni, Yuliana Yosefina, I. Nyoman Kanca, and I. Wayan Artanayasa. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik.” Mimbar Ilmu 26(2):260–68. doi: 10.23887/mi.v26i2.35626.

Mabrur, Mabrur, Anang Setiawan, and Mochamad Zakky Mubarok. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai.” Physical Activity Journal 2(2):193–99. doi: 10.20884/1.paju.2021.2.2.4014.

Mansyur, Abd Rahim. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1(2):113–20. doi: 10.33096/eljour.v1i2.55.

Mudzakir, Dicky Oktora. 2020. “Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Penjas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi 10(1):44–49.

Mulyana, Fegie Rizkia. 2017. “Pengaruh Gaya Mengajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Stut Senam Lantai.” JOURNAL SPORT AREA 2(1):7–17. doi: 10.25299/sportarea.2017.vol2(1).454.

Nuryanto, Ahmad, and Citra Resita. 2019. “Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang Pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang.” JSPEED 2(1):1–7.

Pamungkas, Ibnu Aji, and Wasis Djoko Dwiyogo. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan.” Sport Science and Health 2(5):272–78.

Sebayang, F. Ari Anggraini, Ordekoria Saragih, and Hestina Hestina. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mandiri Di Masa New Normal.” Pelita Masyarakat 2(1):64–71. doi: 10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4222.

Titting, Fellyson, Hidayah, Taufik, Pramono, Harry. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma.” Journal of Physical Education and Sports 5(2):120–26. doi: 10.15640/jpesm.

Wahyu Heny Kartika Sari, Tatok Sugiarto, Sri Purnami. 2016. “Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Rangkaian Sederhana Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto.” Jurnal Pendidikan Jasmani 26(1):1–15.

Waras, Waras. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Melalui Teknik Modeling.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 3(1):113–20. doi: 10.28926/briliant.v3i1.148.

Widiyono, Aan. 2020. “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD Di Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan 8(2):169–77. doi: 10.36232/pendidikan.v8i2.458.

Yulidar. 2019. “Meningkatan Prestasi Dan Motivasi Dalam Melakukan Senam Lantai Dengan Menggunakan Permainan.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 3(2):136–46.

Yusuf, Yusuf. 2018. “Peningkatan Ketrampilan Senam Lantai Siswa Kelas VI SDN Dempelan 01 Melalui Pembelajaran Langsung Dengan Metode JIGSAW.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8(1):54–60. doi: 10.25273/pe.v8i1.2366.

Published

2022-07-30

How to Cite

Tri Iwandana, D., & Stiyapranomo, D. A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Formulir Berbantuan Media Pembelajaran Vpams-Ppt untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai . JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 7(1), 58–65. https://doi.org/10.26740/jossae.v7n1.p58-65

Issue

Section

Articles
Abstract views: 503 , PDF Downloads: 451