Proses Sandblasting dan Coating Pada Kapal di PT. Dok Perkapalan Surabaya

Authors

  • Wahyu Dwi Kurniawan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya
  • Periyanto Periyanto Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/otopro.v13n2.p44-53

Keywords:

sandblasting, coating, lambung kapal, marine

Abstract

Letak geografis Indonesia yang dominan dengan kepulauan maka bagian laut setiap daerah mempunyai kadar garam yang berbeda-beda dan akhirnya menyebabkan lambung dari kapal-kapal yang berlayar mudah terjadinya korosi atau kerusakan. Oleh sebab itu kapal-kapal yang berlayar harus sering untuk repair agar kapal yang digunakan untuk transportasi mampu bertahan lebih lama dari yang seharusnya terjadi karena faktor lingkungan alamnya, maka dari itu, untuk bagian lambung kapal yang terjadi kontak langsung terhadap air laut harus bisa dilindungi lebih dari bagian lain untuk melindungi bagian lambung diperlukan pengecatan dengan bermacam lapis jenis cat sesuai dengan fungsinya dan untuk menjadikan cat-cat tersebut mampu merekat dengan kuat terhadap permukaan dari lambung kapal maka harus menggunakan sandblasting untuk pembuatan profil pada permukaan logam lambung kapal atau bagian daerah lainnya. Keuntungan yang didapat dari proses sandblasting dan coating yaitu hasil repair yang didapat lebih maksimal dan berkualitas, dibandingkan hanya melakukan proses pengecatan secara biasa serta biaya yang mampu di minimaliskan agar tidak terjadinya pembengkakan karena proses yang terbuang sia-sia dan waktunya juga lebih efektif karena mampu diperhitungkan.

References

Fakultas Teknik Kelautan. 1978. œDiklat Konstruksi Kapal Baja Jilid II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kusna, Indra Djaya. 2008. œTeknik Konstruksi Kapal Baja Jilid II. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khodijah, Siti. 2014. Prosedur Untuk Pengerjaan Kapal Lengkap. Diakses Tanggal 25 Oktober 2017 Dari : https://www.Scrib.Geologinesia.com/2014/Standart International Working Marine.

Sutrisno Ahmad. 2013. Pengertian Kapal dan Bagian-Bagiannya. Diakses Tanggal 12 September 2017 Dari : https://www.Kapal.Mania.com/2013/Pengertian Kapal dan Bagian-Bagiannya.

S. Djatmiko, Soedijono, Soedarsono. 1983. œTeknik Galangan Kapal dan Dock Jilid I dan Jilid II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sofi Moch., dkk. 2008. Teknik Konstruksi Kapal Baja. Jakarta: Indra kusna djaya.

Soegiono. 2006. Kamus Teknik Perkapalan Edisi Keempat. Surabaya (ID): Airlangga University Press.

Windyadari Aulia, Ahmad FZ, Sarwoko. 2014. Studi Perbandingan Metode Pelapisan (Coating) pada Ruang Muat Berbasis Regulasi IMO; Jurnal Teknik Vol. 34 No. 3 ISSN 0852-1697; Semarang.

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Article
Abstract View: 2352