PENGEMBANGAN INSTRUMEN KUESIONER UNTUK MENGAKSES RESPONS MAHASISWA TENTANG MONOGRAFI SISTEMATIKA TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Authors

  • Wisanti Wisanti Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Zubaidah Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
  • Sri Rahayu Lestari Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v1n2.p1-13

Keywords:

kuesioner, monografi, respons mahasiswa

Abstract

Salah satu bentuk instrumen penelitian yang umumnya digunakan dalam penelitian survei adalah kuesioner. Kuesioner yang baru disusun harus melalui pengembangan untuk menentukan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner yang layak digunakan untuk mengumpulkan data berupa respons mahasiswa tentang monografi dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  dengan 5 tahap utama yaitu perumusan latar belakang, konseptualisasi, format dan analisis, penentuan validitas dan  penentuan reliabilitas. Validitas ditentukan berdasarkan validitas konten yang diperoleh dari penilaian pakar, serta uji korelasi Pearson dengan data yang diperoleh dari 84 responden, sedangkan reliabilitas ditentukan berdasarkan skor alfa Cronbach. Kuesioner yang dikembangkan bersifat tertutup, yang terbagi menjadi empat aspek yaitu konten monografi, organisasi penulisan monografi, karakteristik monografi dan monografi sebagai sumber belajar. Format pengukuran menggunakan skala Likert, 1- 4, 1 (tidak setuju), 2 (kurang setuju), 3 (setuju), dan 4 (sangat setuju). Hasil uji korelasi Pearson mengindikasikan bahwa semua butir pernyataan valid, dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01), sedangkan reliabilitas termasuk excellent dengan koefisien alfa Cronbach sebesar 0,962. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, 21 pernyataan dinyatakan valid dan sangat reliabel, dengan rincian 3 untuk aspek konten, 7 untuk aspek organisasi penulisan, 4 untuk aspek karakteristik dan 7 untuk aspek sumber belajar. Penelitian ini telah menghasilkan kuesioner dengan kategori layak sebagai instrumen penelitian untuk mengakses respons mahasiswa tentang monografi dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar.

References

<p class="Default">Amadioha, S.W. (2009). The Importance of Instructional Materials in Our Schools, an Overview. <em>New Era Research Journal of Human, Educational and Sustainable Development, </em>2 (3 &amp; 4): 61-63<em>.</em></p><p>Artino AR, La Rochelle, J.S., Dezee, K.J., Gehlbach H. (2014). Developing questionnaires for educational research: AMEE Guide No. 87. <em>Medical Teacher</em> 36: 463474</p><p>BuÅ¡ljeta, R. (2013). Effective Use of Teaching and Learning Resources. <em>Czech-Polish Historical and Pedagogical Journal</em>, 5 (2): 5569.</p><p>Creswell, J.W. (2012). <em>Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research</em>. Boston: Pearson Education.</p><p>Das, A.K &amp; Mishra, S. (2016). Questionnaire on Learner Use of Technology In: Kirkwood, A., Price L. (Editor), <em>Technology-Enabled Learning Implementation Handbook</em>. Canada: Commonwealth of Learning.</p><p>Esposito, J. L. (2004). Interactive, multiplemethod questionnaire evaluation research: A case study<em>. </em><em>Journal of Official Statistics</em>, 20(2): 143183.</p><p>Gall, M.D., Gall, P.J., Borg, R.W. (2003). <em>Educational Research: An Introduction</em>. Boston: Pearson Education.</p><p>Harlacher, J. (2016). <em>An educators guide to questionnaire development </em>(REL 2016108). Washington, DC: U.S. Department of Education, Institute of Education Sciences, National Center for Education Evaluation and Regional Assistance, Regional Educational Laboratory Central. Diakses dari <a href="http://ies.ed.gov/ncee/edlabs">http://ies.ed.gov/ncee/edlabs</a> pada tanggal 6 Juni 2020.</p><p>Hinkin, R.T. (1995) A Review of Scale Development Practices in the Study of Organizations <em>Journal of Management</em> 21 (5): 967-988.</p><p>Kabir, S.M.S. (2016). <em>Preparing questionare. </em><em>Basic Guidelines for Research: An Introductory Approach for All Discipline</em>. Bangladesh: Book Zone Publication, Diakses melalui <a href="https://www.researchgate.net/publication/">https://www.researchgate.net/publication/</a> pada tanggal 1 Juni 2020.</p><p>Mazgon, J &amp; D. Stefanc. (2012). Importance of the various characteristics of educational Materials: different opinions, different perspectives. <em>The Turkish Online Jo</em><em>urnal of Educational Technology</em>, 11 (3):174-188.</p><p>Norland-Tilburg, E. V. (1990). Controlling error in evaluation instruments. <em>Journal of Extension</em>, [Online], 28(2). Diakses melalui <a href="http://www.joe.org/joe/">http://www.joe.org/joe/</a> pada tanggal 1 Juni 2020.</p><p>Otsetova , A. (2016). Validation of the logistics service quality scale in Bulgarian courier sector. <em>Management and education</em> 12 (1): 1-7.</p><p>PEI Department of Education. (2008). <em>Evaluation and Selection of Learning Resources: A Guide</em>. Canada. Diakses melalui http://www.gov.pe.ca/educ. pada tanggal 5 Juni 2020.</p><p>Polit, D. F., &amp; Beck, C. T. (2006). The content validity index: are you sure you know what's being reported? Critique and recommendations. <em>Research in nursing &amp; health</em> 29(5): 489-497.</p><p>Radhakrishna, R.B. (2007). Tips for Developing and Testing Questionnaires Instruments. <em>Journal of Extension</em> 45(1): 75-80. Diakses melalui <a href="https://www.joe.org/joe">https://www.joe.org/joe</a> pada tanggal 1 Juni 2020.</p><p>Rowley J., (2014). Designing and using research questionnaires. <em>Management Research Review</em>. 37 (3): 308 330.</p><p>Simpson, M.G. (2010). <em>Plant Systematics</em>. Amsterdam: Academic Press.</p><p>Singh, G. (2010). <em>Plant Systematics, an Integrated Approach</em>. New Delhi: Science Publisher.</p><p class="Default">Siniscalco, M.T. &amp; Auriat, N. (2005). Questionnaire design. In: Ross, K.N. (Editor),  <em>Quantitative research methods in educational planning</em>. International Institute for Educational Planning/UNESCO. Diakses melalui <a href="http://www.unesco.org/iiep">http://www.unesco.org/iiep</a> pada tanggal 16 Mei 2020.</p><p class="Default">Sugiyono. (2015). <em>Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif dan R &amp; D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Swanepoel, S. (2010). The assessment of the quality of science education textbooks: Conceptual framework and instruments for analysis. <em>Thesis</em>. University of South Africa. Diakses melalui <a href="http://uir.unisa.ac.za/bitstream/handle/10500/4041/thesis_swanepoel_s.pdf">http://uir.unisa.ac.za/</a> pada tanggal 17 Juni 2020.</p><p>Taber, K.S. (2016). The Use of Cronbach<strong></strong>s Alpha when Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Res Sci Educ. Dordrecht: Springer. DOI 10.1007/s11165-016-9602-2.</p><p>Tsang S, Royse CF, Terkawi AS. (2017). Guidelines for developing, translating, and validating a questionnaire in perioperative and pain medicine. <em>Saudi Journal of Anaesthesia</em> 11 (Supplement 1): 80-89.</p><p>Unesco. (2014). <em>Textbooks</em><em> </em><em>and Learning</em><em> </em><em>Resources:</em><em> Guidelnes </em><em>for Developers and Users</em>. Paris: Unesco.</p><p class="MSGENFONTSTYLENAMETEMPLATEROLENUMBERMSGENFONTSTYLENAMEBYROLETEXT20">Zohrabi, M. (2013). Mixed Method Research: Instruments, Validity, Reliability and Reporting Findings. <em>Theory and Practice in Language Studies</em> 3 (2): 254-262.</p>

Published

2020-09-29

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1608 , PDF Downloads: 889