IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING UNTUK MENGANALISIS PENGETAHUAN SISWA MENGENAI KESEHATAN REPRODUKSI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Ervan Johan Wicaksana Universitas Jambi
  • Aprizal Lukman

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v1n2.p24-30

Keywords:

Brainstorming Method, Knowledge, Reproductive Health, Biology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan kesehatan reproduksi pada mata pelajaran Biologi siswa SMA menggunakan metode Brainstorming. Penelitian dilaksanakan di SMAN 10 kota Jambi di bulan Februari 2020 dengan penelitian kualitatif. penelitian sebanyak 30 siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil akhir dari validator instrumen adalah 87,5% dengan kategori œsangat baik dan sudah layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan N-gain dapat diketahui bahwa hasil pre-test yaitu 57,16 dan post-test yaitu 77,50. Rata-rata nilai N-Gain dari hasil pre-test dan post-test yang termasuk kedalam kriteria sedang. Respon sangat baik diberikan siswa terhadap metode brainstorming yang digunakan pada saat menyampaikan materi kesehatan reproduksi. Persentase respon siswa mengenai keterlaksanaan metode brainstorming sebesar 87,25%. Sehingga dapat dikatetahui metode brainstorming cukup efektif dan membantu dalam menyampaikan materi tentang sistem reproduksi terutama pada materi kesehatan reproduksi

Author Biography

Ervan Johan Wicaksana, Universitas Jambi

Dosen PNS Kemenristekdikti di Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi

References

<p>Anas, S. H. (2010). Sketsa Kesehatan Rerpoduksi Remaja. <em>Yin Yang</em>, 5(1): 199-214</p><p> </p><p>Arikunto. S. (2010). <em>Prosedur Penelitiam Suatu Pendekatan Praktis.</em> Jakarta. Rineka Cipta.</p><p><em> </em></p><p>Efendi, F. &amp; Makhfudli. (2009). <em>Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam </em></p><p><em>                 Keperawatan</em>. Jakarta: Salemba Medika.<em></em></p><p> </p><p>Furqonita. D. (2007).<em> Seri IPA Biologi</em>. Jakarta. Yudhistira.</p><p> </p><p>Harahap, J. (2009). <em>Kesehatan Reproduksi.</em> Jakarta: Erlangga.</p><p> </p><p>Harianti, A. &amp; Yola, M. (2014). Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Brainstorming Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan. <em>Jurnal Manajemen, </em>13(2):177</p><p> </p><p>Meilan, N. Maryanah, &amp;Willa, F. (2018). <em>Kesehatan Reproduksi Remaja: Implementasi P</em><em>KPR</em><em> dalam Teman Sebaya.</em>Malang: Wineka Media.<em></em></p><p><em> </em></p><p class="Default">Roestiyah, N.K. (2008). <em>Strategi Belajar Mengajar. </em>Jakarta: PT. Rineka Cipta.</p><p class="Default"> </p><p>Teresa, P.D., Reni, K. (2013). Antara Kebutuhan dan Tabu: Pendidikan Seksualitas dan</p><p>                 Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja di SMA. <em>Makara Seri Kesehatan. </em>17(2): 80</p><p> </p><p>Wicaksana, E. J. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Tentang Mikroorganisme pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup (<em>Life Skill</em>) pada Siswa SMK. <em>Seminar Nasional</em>. IKIP PGRI Madiun.</p><p> </p><p>Wicaksana, E. J., Herlina. F. &amp; Sunu. K. 2015. Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berorientasi Kecakapan Hidup (<em>Life Skill</em>) Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Untuk Pembelajaran Ipa Di Sekolah Menengah Atas<em>. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. </em>Universitas Sebelas Maret.</p><p> </p>

Published

2020-09-29

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 468 , PDF Downloads: 421