Analisis Atensi Calon Guru IPA melalui Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Ekologi

Authors

  • Mochammad Yasir Departement of Science Education, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v1n1.p10-18

Keywords:

Atensi, metakognitif, ekologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis atensi pada mahasiswa calon guru IPA di Universitas Trunojoyo Madura melalui strategi metakognitif. Atensi yang dianalisis berupa atensi berkelanjutan dan atensi eksekutif di dua kelas (A dan B). Strategi metakognitif yang dilakukan dengan melatih mahasiswa untuk merencanakan strategi belajar sesuai gaya kognitif belajar, memantau kemajuan belajar, dan melakukan pengaturan kognitif. Penelitian ini melibatkan 76 mahasiswa sebagai subjek. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atensi mahasiswa calon guru IPA meningkat dengan baik (84.37%). Atensi kelas A mencapai 82.88%, sedangkan di kelas B mencapai 85.86%. Selain itu, atensi eksudatif (85,36) lebih meningkat dengan baik daripada atensi berkelanjutan (84.37). Singkatnya, atensi calon guru IPA melalui strategi metakognitif meningkat dengan baik.

References

Anasrullah. (2006). Hubungan Antara Self Regulated Learning (SRL) dengan Kemandirian dan Atensi Pada Siswa Program Akselerasi SMA Negeri 1 Purworejo. E-Journal UNDIP, 1-19.

Corebima. (2010). Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Deni Masa Depan Kita. Makalah Seminar Nasional Sains, 16 Januari 2010. Program Studi Pendidikan Sains, Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.

Corebima, A.D. (2006). Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan guru Besar Bidang Genetika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Guilermo, J., Williams, A., Oulhote, Y. Zanobetti, A., Allen, J.G., Spengler, J.D. (2018). Re-duced cognitive function during a heat wave among residents of non-air-conditioned buildings: An observational study of young adults in the summer of 2016. Journal PLOS Medicine. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1002605.

Inam, A. (2012). A Metacognitive Approach to Solving Algebra Problems. Malang. International Journal of Independent Research and Studies IJIRS ISSN: 2226-4817; EISSN: 2304-6953 Vol. 1, No.4 (October, 2012) 1 62-173 Indexing and Abstracting: Ulrich's - Global Serials Directory.

Kahneman, D. (1973). Attention and Effort. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan ilmiah dalam Pembelajaran. Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuh, et al. 2006. What Matters to Student Success: A Review of the Literature. Commissioned Report for the National Symposium on Postsecondary Student Success.

Maghfiroh, F. (2014). Kemandirian dan Atensi Siswa yang Diajar Menggunakan Group Investigation Terintegrasi Power Teaching Dalam Mata Pelajaran Biologi. Tesis. Universitas Negeri Surabaya. Tidak Dipublikasikan.

Marzano, R.J. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Merina, S., Kuntjoro, S., Susantini, E. (2018). Metacognitive Strategies to Train Creative Thinking Skills in Creating Media for Learning. Advances in Intelligent Systems Re-search (AISR) Atlantis Press, volume 157 Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018).

Nelson, T.O. (1992). Metacognition. Core Readings. Boston: Allyn Bacon.

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNY, P-23.

Nur, M. (2005). Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: UNESA-University Press.

Paidi. (2009). Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 1.

Rustaman. N., R. Amini, Arifin, Mulyati, dan A. Munandar. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Santrock, W.J. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Sari, S.R. (2013). The Correlation Between Internal and External Factors that Influence Ele-mentary School Students In Learning English Vocabulary and Their Grade In Vo-cabulary Test: A Study On The Third Graders Of Marsudiri 77 Elementary School Salatiga. FLLT Conference (pp. 578-588). Thailand: Language Institute Of Thammasat University.

Susantini, E., Indana, S., Isnawati, Nursanti, A. (2019). Enabling Indonesian Pre-Service Teachers To Design Biology Learning Tools Using Metacognitive Strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII) 8 (3) (2019) 391-397.

Taylor, L., Watkins, S.L., Marshall, H. Dascombe, B.J., Foster, J. (2016). The Impact of Different Environmental Conditions on Cognitive Function: A Focused Review. Journal Frontiers in Physiology. January 2016 Volume 6 page 372-384.

Teng, L.M. (2012). Pembelajaran Aktif Melalui Whole Brain Teaching Bagi Menarik dan Mengekalkan Perhatian Pelajar Dalam Subjek Sains Tingkatan Tiga. Retrieved: Januari 9, 2014, from Academia.edu: http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/32360711/.

Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Bab 2 Pasal 3.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Published

2020-02-07

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 432 , PDF Downloads: 497