Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan Animalpedia

Authors

  • Intan Delia Tivania Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Sonia Dianita Savitri Universitas Negeri Surabaya
  • Intan Dwi Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Ramadhani Nur Aisyah Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Eric Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v1n1.p1-9

Keywords:

Android, aplikasi untuk pembelajaran, AnimalPedia

Abstract

Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi AnimalPedia berbasis Android yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Biologi Kelas X pada materi Kingdom Animalia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ASSURE. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode validasi, tes, dan angket. Validitas diukur berdasarkan penilaian pakar, kepraktisan bedasarkan respons siswa, serta keefektifan berdasarkan hasil belajar pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa Aplikasi AnimalPedia dinyatakan sangat layak dengan skor validasi sebesar 4,00. Aplikasi AnimalPedia sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata persentase respons siswa sebesar 97,334%. Aplikasi AnimalPedia efektif meningkatkan hasil belajar 40% siswa dengan kriteria tinggi, 55% siswa dengan kriteria sedang, dan 5% siswa dengan kriteria rendah. Dengan demikian aplikasi AnimalPedia valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Materi Kingdom Animalia

References

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asra & Sumiati. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Badan Pusat Statistika. (2016). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun Ke Atas yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir untuk Kelompok Umur 16-18 tahun Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Online), Diakses melalui https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/2#subjekViewTab3 pada 7 April 2017.

Badan Pusat Statistika. (2016). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Provinsi dan Media/Lokasi (Online), (https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/2#subjekVi, diakses 7 April 2017).

Berk, R.A. (2009). Teaching Strategies for The Net Generation. Transformatice Dialogues. Teaching and Learning Journal, 3(2): 1-23.

Bilić, V. (2016). The Net-Generation Methods of Learning, Online Activities and Upringing Outcomes. Croatian Journal of Education, 18(1): 259-277.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gilakjani, A.P., Ismail, H.N., & Ahmadi, S.M. (2011). The effect of multimodal learning models on language teaching and learning. Theory and Practice in Language Studies. 1(10). 1321-1327.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. (Online) Diakses melalui http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf pada 7 November 2018.

Latip, A. & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Lit-erasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Makalah disajikan dalam Prosising Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran Sains 2015, Bandung, 8-9 Juni 2015.

Lazar, J., Meiselwitz, G., and Feng, J. (2007). Understanding Web Credibbility: A Synthesis of The Research Literature. USA: Hanover.

Nurlaili, (2011). Pengukuran Tingkat Keterbacaan Wacana dalam LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4-6 SD dan Keterpahamiannya. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). (1): 167-177.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1): 1-15.

Oblinger, D.G. & Oblinger, J.L. (2005). Educating the Net Generation. (Online) diakses melalui https://www.educause.edu/ir/library/pdf/pub7101b.pdf pada 5 April 2017.

Pranasiwi, O., Suratno, & Iqbal, M. (2015). Pengembangan Aplikasi Kunci Determinasi Berbasis Android Pokok Bahasan Mamalia di SMA/MA. Artikel Ilmiah Mahasiswa II (1): 1-7.

Rekkedal, T. & Dye, A. (2009). Mobile Distance Learning With Pdas: Development And Testing Of Pedagogical And System Solution Supporting Mobile Distance Learners. Norwegia: AU Press.

Smaldino SE. 2011. Instructional Technology and Media for Learing: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (Edisi Ke-9). Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. (2011). Cooperatif Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM (Cet. V). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surahman, E. & Surjono, H.D. (2017). Pengembangan Adaptive Mobile Learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 4(1): 26-37.

Susanto, A. (2012). Pengembangan Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Skripsi (tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Wiyono. (2013). Pembelajaran Matematika Model Concept Attainment Meningkatkan Ke-mampuan Pemecahan Masalah Materi Segitiga. Journal of Educational Reasearch and Evaluation, 2(1): 51-54.

Published

2020-02-07

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 4134 , PDF Downloads: 2103