Pengembangan Video Pembelajaran Materi Sistem Imun untuk Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • Agustina Kiden Lewar Universitas Muhammadiyah Maumere
  • Mariana Sada Universitas Muhammadiyah Maumere
  • Sri Bulan Universitas Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v6n1.p42-52

Keywords:

Videos, Immune System, Learning media

Abstract

Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu faktor penting untuk membantu siswa memahami konsep pada materi pembelajaran. Berdasarkan hasil pra penelitian materi sistem imun termasuk salah satu materi biologi yang bersifat abstrak dan sulit dipahami sehingga membutuhkan media penunjang. Video pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa memahami materi sistem imun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif pada meteri sistem imun. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, dengan tahapan yang digunakan meliputi Analyze, Design, dan Development. Uji keterbacaan video dilakukan oleh 15 siswa dan memperoleh nilai rata-rata 4.3 dengan kategori sangat baik, uji kepraktisan dilakukan oleh 2 guru biologi dan memperoleh nilai rata-rata 4.45 dengan kategori sangat baik tetapi harus dilakukan revisi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk diimplementasikan.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk MeningkatkanMinat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(6), 5313 -5327.

Asfar, A.M.I., Asfar, A.M.I.K. (2021). The effectiveness of distance learning through Edmodo and Video Conferencing Jitsi Meet. Journal of Physics: Conference Series, 1-8

Bunari, B., Setiawan, J., Ma’arif, M. A., Purnamasari. R., Hadisaputra. H., Sudirman, S. (2024). The influence of flipbook learning media, learning interest, and learning motivation on learning outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(2), 313-321. DOI: 10.11591/edulearn.v18i2.21059

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Haryanto, Putri. C. (2019). Pengembangan Video animasi IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Dan Self Efficacy Peserta Didik SMP. Yogyakarta: Tesis Magister, UNY.

Iswara, P.D., Julia., Supriyadi. T., Ali, E. Y. (2023). Developing Android-Based Learning Media to Enhance Early Reading Competence of Elementary School Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4), 43-55. DOI: 10.47750/pegegog.13.04.06

Laksmi, N. K.P., Yasa, I.K.A., Mirayani, K.A.M. (2021). The Use of Animation Video As Learning Media For Young Learners to Improve Efl Students' Motivation In Learning English. Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa, 17(1), 42-52. doi.org/10.34005/lingua.v17i1.1378

Maryani, I., Karimi, A., Fathi, K. (2024). Virtual Reality in Elementary Education: A Scientometric Review. Journal of Learning for Development, 11(3), 430-446.

Monita, F.A. (2019). Pengembangan Media Virtual Reality IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah. Yogyakarta: Tesis Magister, UNY

Niswa, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-18.

Norma. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 101-115

Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2), 210-222.

Ramdiah, S.. Mayasari, R., Abidinsyah A. (2024). Sasirangan cloth as a learning resource for biology subjects in high school lessons in South Kalimantan. Journal Pendidikan Biologi Indonesia, 10(1), 299-309. doi.org/10.22219/jpbi.v10i 1.29996

Situmorang, M., Gultom, S., Mansyur, A. Restu., Ritonga, W. (2022). Implementation of Learning Innovations to Improve Teacher Competence in Professional Certificate Programs for In-Service Teachers. International Journal of Instruction, 15(2), 675-696. 6. doi.org/10.29333/iji.2022.15237a

Suhartono, B. S., Suarsini, E., & Tenzer, A. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Imun untuk Kelas XI SMA.

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 172 , PDF Downloads: 181