Pengembangan E-Booklet Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Tentang Materi Perubahan Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas X Fase E SMA/MA

Authors

  • Sonia Nurul Ayunda Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Suci Fajrina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v5n2.p90-106

Keywords:

e-booklet, ESQ nuances, environmental change material

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk memaksimalkan potensi peserta didik agar terwujudnya suatu kepribadian yang berkarakter dalam dirinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui selama proses belajar mengajar biologi guru hanya berpusat pada kecerdasan intelektual dan masih kurang memperhatikan kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat validitas dan praktikabilitas E-booklet bernuansa ESQ yang dihasilkan tentang materi perubahan lingkungan untuk peserta didik kelas X fase E SMA/MA. Penelitian ini adalah riset pengembangan yang menggunakan model four-D, yakni tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya sebatas tahap develop saja. Data dianalisis dalam bentuk statistik deskriptif. Hasil uji validitas E-booklet bernuansa ESQ diperoleh nilai 91,22% dengan  kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh nilai 91,67% dan dari peserta didik diperoleh nilai 91,13% dengan kriteria keduanya sangat praktis. Rata-rata keseluruhan praktikalitas guru dan peserta didik yaitu 91,40% dengan kriteria sangat praktis.

Author Biographies

Sonia Nurul Ayunda, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Jurusan Biologi, FMIPA, UNP

Lufri Lufri, Universitas Negeri Padang

Dosen Departemen Biologi, FMIPA, UNP

Zulyusri Zulyusri, Universitas Negeri Padang

Dosen Departemen Biologi, FMIPA, UNP

Suci Fajrina, Universitas Negeri Padang

Dosen Departemen Biologi, FMIPA, UNP

References

Alfajri, K. (2021). Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Materi Bakteri sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA, Doctoral dissertation,. Padang: Universitas Negeri Padang.

Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-Analisis Validitas Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VII SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 8-15.

Ambri, G. N. U. A., & Arsih, F. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI. Yasin, 3(1), 106-115.

Aziza, A. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Biologi SMA dalam Bentuk Booklet Digital. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 13-30.

Dahlan, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik terhadap Motivasi Belajar pada MAN 2 Kota Parepare. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 221-237.

Damayanti, F. R., Amintarti, S., & Rezeki, A. (2022). Pengembangan E-booklet Jenis-jenis Jamur Makroskopis di Taman Buah Lokal Kawasan Mangrove Rambai Center sebagai Bahan Ajar Biologi di SMA. Jupeis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 157-172.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(2), 243-255.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar SMA (pp. 1-108). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fitra, Y. N., Yogica, R., & Selaras, G. H. (2022). Validitas E-Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Peserta Didik. Journal on Teacher Education, 4(2), 567-580.

Fitria, K. N. (2018). Pengembangan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Siswa melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. (pp. 1-181). Jember: Institut Agama Islam Negeri Jember.

Hanifah, H., Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Pengembangan Media Ajar E-booklet Materi Plantae untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education Research (JBER), 1(1), 10-16.

Hervi, F., & Ristiono, R. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 370-377.

Imtihana, M., HB, F. P. M., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Booklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA. Journal of Biology Education, 3(2), 186-192.

Karmellia, F. H., & Lufri, L. (2023). Development of an E-booklet with Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Nuances on Virus Material for Class X SMA/MA. Penbios: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 8(01), 1-10.

Kemendikbud. (2018). Tips dan Trik Penyusunan E-module. (pp. 1-64). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27-33.

Mirza, G. A., Ristiono, R., & Handayani, D. (2019). Development of Students Worksheet Nuanced of Emotional Spiritual Quotient about Cell, Organ, Tissue and Organism for Seventh Grade Students of SMP/MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27-36.

Munir, M. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 1-432.

Murdoko, E., Akhlis, I., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Ukur Panjang Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong untuk Siswa Sma dengan Perangkat Lunak Construct 2. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 73-79.

Najuah, N., Lukitoyo, P.S., dan Wirianti, W. 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya (pp 1-64). Medan: Yayasan Kita Menulis, 1-64.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). GeoEco, 2(2), 147-154.

Prananta, R., & Safitri, N. Q. L. (2023). Tahapan Pembuatan E-booklet sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Electronical Journal of Social and Political Sciences (E-Sospol), 9(4), 393-405.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (pp 1-165). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 162-169.

Salma Prawiradilaga, D., Ariani, D., & Handoko, H. (2016). Mozaik Tenologi Pendidikan: E-learning (pp 1-402). Prenadamedia Group.

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Doctoral dissertation (pp 1008-1016). Malang: State University of Malang.

Sartika, R., & Lufri, L. (2018). Development of Spiritual IPA Module on Environtment Pollution Subject for Junior High School. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 3(1), 22-31.

Sulaiman, M., Al Hamdani, M. D., & Aziz, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 78-110.

Sopanda, L., Susiaty, U. D., & Hartono, H. (2023). Desain Media E-booklet Terintegrasi Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 188-201.

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Progam Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578-588.

Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., Kusumawardan, R. N., Ihwan, R. B. & Sholeh, M. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI (pp 1-281). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Syamsu, F. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 13-27.

Thiagarajan, (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook (pp 1-194). Indiana University: Bloomington, Indiana.

Utami, R. P., Noorhidayati, N., & Ajizah, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sub Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan di SMA/MA Berbentuk E-booklet. Jupeis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 241-252.

Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-booklet dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 13-23.

Yelviana, Y., Yuniarti, E., & Darussyamsu, R. (2020). The Development of The Booklet Educational Health Reproduction for High School Students. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 5(1), 1-9.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 323 , PDF Downloads: 298