Pemetaan Laboratorium Lapangan Familia Asteraceae di Gunung Galunggung Sebagai Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v5n2.p107-116Keywords:
Asteraceae, Gunung Galunggung, Pemetaan LaboratoriumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemetaan laboratorium lapangan tumbuhan familia Asteraceae di Gunung Galunggung sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksploratif melalui teknik survei. Data primer diperoleh secara langsung di Gunung Galunggung, data sekunder diperoleh dari berbagai sumber kredibel seperti buku, artikel, jurnal, dan internet. Tahapan penelitian meliputi perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, pengumpulan data, analisis data. Adapun waktu dan tempat penelitian dilakukan di Gunung Galunggung pada bulan Januari dan Februari 2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya 7 tribus, 20 genus, dan 20 jenis tumbuhan familia Asteraceae di Gunung Galunggung. Tribus Eupatorieae dan Heliantheae mendominasi komposisi tumbuhan masing-masing 62.5% dan 35.7%. Kondisi lingkungan di setiap stasiun penelitian bervariasi, dipengaruhi oleh faktor ketinggian, suhu, kelembaban, intensitas cahaya, pH tanah, kelembaban tanah, dan kecepatan angin. Perbedaan ini memengaruhi distribusi dan kelimpahan tumbuhan. Kesimpulan penelitian ini bahwa keanekaragaman tumbuhan familia Asteraceae di Gunung Galunggung tinggi, dengan dominasi tribus Eupatorieae dan Heliantheae. Kondisi lingkungan yang berbeda-beda di setiap stasiun penelitian memengaruhi distribusi tumbuhan. Temuan ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan media pembelajaran dan pemahaman lebih lanjut tentang botani dan ekologi tumbuhan di kawasan Gunung Galunggung.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (Ed.)). CV Syakir Media Press.
Hutasuhut, M. A. (2018). Keanekaragaman tumbuhan herba di cagar alam Sibolangit. Klorofil: Jurnal Ilmu Biologi dan Terapan, 1(2), 69-77.
Downloads
Published
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)