Pengembangan Ensiklopedia Digital pada Pelajaran Ekosistem Berbasis Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v5n2.p53-65Keywords:
Kurikulum, Merdeka, Ensiklopedia, EksistemAbstract
Ensiklopedia adalah media belajar yang memuat informasi, definisi, serta terdapat gambar dan video yang menarik. Hal ini sesuai dengan kurikulum merdeka yang memiliki karakteristik mengikuti gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran ensiklopedia pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka. (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran ensiklopedia pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka. (3) Mengetahui respons guru dan siswa terhadap pengembangan ensiklopedia digital pada pelajaran ekosistem berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian adalah produk pembelajaran dalam bentuk Ensiklopedia digital yang telah melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba dari respons guru dan respons siswa. Evaluasi persentase menunjukan bahwa ensiklopedia ini tergolong “sangat baik”, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Dessy Syofiyanti., Yulita Kurniawati., Drajat Udin., Muchamad Chairul Umam., Khaulah Ishomuddin., Sukhoiri., Kaliandra Saputra Pulungan., Yosefo Gule., Fuad Noorzeha., Dian Cita Sari (2021). Teori Psikologi Agama. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=_dM6EAAAQBAJ
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33-48.
Imaniah, A., Hamid, S., & Muriati, S. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(2), 210-219.
Iswahyudi, M. S., Wulandari, R., Samsuddin, H., Sukowati, I., Makrus, M., Amalia, M. M., Faizah, H., & Febianingsih, N. P. E. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=_SPbEAAAQBAJ
Matondang Z., & Hamni F. N. (2022). Praktik Analisis Data : Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Merdeka Kreasi Group.
Mulyani, T., & Armiati, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA): Literature Review. Jurnal Ecogen, 4(2), 293-305.
Mulyasa, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara. Jakarta Timur. https://books.google.co.id/books?id=ec_hEAAAQBAJ
Pratycia A., Arya D.P.,Aulia G.M.S., & Febri I.A. (2013). Analisis Perbedaan Kurikulum dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Volume, 3(1). 58-64.
Downloads
Published
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)