Penerapan Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X-11 SMAN 15 Surabaya

Authors

  • Rina Romatul Pebriana PPG Prajabatan, Universitas Negeri Surabaya
  • Aini Aini SMA Negeri 15 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v6n2.p47-56

Keywords:

PjBL, collaboration skills

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran pra-siklus di kelas X-11, SMAN 15 Surabaya diperoleh rerata nilai keterampilan kolaborasi siswa sebesar 85,07. Informasi tersebut menggambarkan bahwa kemampuan siswa kelas X-11 dalam berkolaborasi sudah cukup baik, namun tergolong perlu peningkatan. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan hasil implementasi pembelajaran berbasis PjBL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terhadap siswa di satu kelas X-11 di semester genap di SMAN 15 Surabaya pada Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi menggunakan rubrik penilaian keterampilan kolaborasi dengan skala penilaian dari 1 hingga 4. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai keterampilan kolaborasi pada siklus I (88,89) dan siklus II (92,88) setelah siswa menerima pembelajaran dengan menggunakan metode PjBL. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X-11 di SMAN 15 Surabaya.

References

Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., Maryani, L. (2018). Penerapan Lesson Study Melalui Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktivan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran di FKIP UNPAS. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2): 139-148.

Andayani, Y., Sridana, N., Kosim, Setiadi D., Hadiprayitno, G. (2019). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3 (2): 120-128.

A’yun, Qurrota. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5 (1): 271-290.

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., Hidayati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2 (1): 205-218.

Dewi, A.P., Putri, A., Anfira, D.K., Prayitno, B.A. (2020). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (1): 57-72.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Hardianti. (2021). Analisis Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMK Negeri 1 Bantaeng. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika.

Kemendikbud. (2019). Bahan Ajar Pengenalan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 (Terintegrasi PPK, Literasi, HOTS, 4Cs). Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.

Kemmis, S., McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. 3rd Edition. Victoria: Deakin University Press.

Kundariati, M., Latifah, A. N., Laili, M. R., Susilo, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Literasi Digital melalui Pembelajaran Biologi berbasis Lesson Study Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya ke-4, 232-238.

Le, Ha & Janssen, J. (2018). Collaborative Learning Practices: Teacher and Student Perceived Obstacles to Effective Student Collaboration. Cambridge Journal of Education, 48 (1):103–122.

Maulia, Mardhiatun. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Takengon. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh 2022 m/1443 h.

Natty, R.A., Kristin F., Anugraheni, I. 2019. Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3 (4):1082-1092.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA Pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2): 430-443.

Simangunsong, H. H., Almi, I. A., Azhari, N. S., Afdilani, N., Tanjung, I. F. (2023). Penerapan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Pada Materi Gen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi (BIODIK), 9 (1): 46-51.

Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10 (2): 253-259.

Ulinnuha, Abidah Hindiyana. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Problem Solving Siswa Kelas X IPA Materi Perubahan Lingkungan di MAN 1 Jember. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 23