E-Modul Edu-Kehati Berbasis I-SETS: Pengembangan Bahan Ajar Beroientasi pada Literasi Keanekaragaman Hayati
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v5n2.p66-83Keywords:
E-modul, Keanekaragaman Hayati, I-SETS, ADDIEAbstract
: E-modul merupakan salah satu bahan ajar yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran I-SETS menjadikan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran, karena siswa tidak hanya menguasai materi, namun juga peka terhadap permasalahan ataupun isu yang ada di masyarakat, serta dapat mengambil keputusan akan masalah-masalah yang sedang terjadi dan dapat mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik keanekaragman hayati berbasis I-SETS berpotensi meningkatkan literasi keanekaragaman hayati siswa. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dibatasi pada uji kelompok kecil (small group evaluation) dengan subjek penelitian 30 peserta didik kelas X IPA MA. Data yang diperoleh berdasarkan instrumen uji kelayakan oleh validator ahli materi dan ahli media, uji coba oleh guru biologi, one to one evaluation, dan uji kelompok kecil. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,20. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,20. Hasil uji coba guru biologi mendapatkan skor sebesar 4,10. Hasil one to one evaluation mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,10 dan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,37 dengan kategori sangat layak. E-modul Edu-Kehati berbasis I-SETS layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati dan berpotensi meningkatkan literasi keanekaragaman hayati siswa.
References
Abtokhi, A. (2022). Creating a Quran Generation with Science Literacy. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 349-352.
Abdullah, Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah, 7(1), 7-13.
Anggereni, S., Rasyid, R., Hasanah, I. U., Tarbiyah, F., Universitas, K., Negeri, I., & Makassar, A. (2019). The Development of Physics Teaching Materials Integrated with Islamic-Science for Students. Journal of Islamic Education, 1(1), 1-10.
Astuti, B., Popilaya, P., Susanti, E. D., Syarifah, B.A., Linuwih, S., Azizah, N. (2020). Inovasi Bahan Ajar Berbasis I-SETS (Islamic Science Environment Technology and Society) Terkomplementasi Karakter dan Kearifan Lokal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Baihaqi, B., Maulinda, M., & Ulfa, M. (2019). Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah sebagai Media Informasi. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 2(1), 79-85.
Coldwell D. A. L. (2019). Negative Influences of the 4th Industrial Revolution on the Workplace: Towards a Theoretical Model of Entropic Citizen Behavior in Toxic Organizations. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(15), 2670.
Dewi, N. A., Kartijono, N. E., & Dewi, N. K. (2020). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Bioma, 9(1), 87-101.
Elhoshi, E.R., Embong, R., Bioumy, N., Abdullah, N.A., & Nawi, M.A. (2017). The Role of Teachers in Infusing Islamic Values and Ethics. The International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(5), 426-436.
Fatimah, S., Serevina, V., & Sunaryo, S. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis I-Sets Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Gelombang Cahaya.
Hanida, J. R., Rachmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 22-38.
Indrawan, M., Primack, R. B., & Supriatna, J. (2012). Biologi konservasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Katili, A. S., Utina, R., Yusuf, F. M., Pikoli, M., & Dama, L. (2021). Biodiversity Literacy in Science Education. Journal of Physics: Conference Series, 1968(1), 1-5.
Khairani., & Titisari, P. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul untuk Konservasi Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus). Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 1-11.
Kusjuriansah., & Yulianto, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS Terkomplementasi Karakter pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 121-132.
Molenda , M. , Pershing , J.A. , & Reigeluth , C.M. ( 1996 ). Designing instructional systems. in R. L. Craig (Ed.), The ASTD Training and Development Handbook (4th ed.). New York : McGraw-Hill.
Nugraha, T.M., (2020). Integrasi Ilmu dan Agama Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1),29-37
Pramaditya, N. D., & Ambarwati, R. (2021). Validitas dan Kepraktisan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Bioedu, 10(1), 156-164.
Ratumanan, G.T., & Laurens, T. (2011). Evaluasi Hasil Belajar Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
Sidik, R. (2016). Values in Islamic Science. International Journal of Business and Social Science, 7(9), 55-62.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surjandari, I., Zagloel, T.Y.M., Harwahyu, R., Asvial, M., Suryanegara, M., Kusrini, E., Kartohardjono, S., Sahlan, M., Putra, N., Budiyanto, M.A., (2022) Accelerating Innovation in The Industrial Revolution 4.0 Era for a Sustainable Future. International Journal of Technology, 13(5), 944-948.
Suryani, S. I., & Sandika, B. (2022). Pengembangane-Modul Biologi Dilengkapi Tokoh Kartun Materi Sistem Gerak Siswa Kelas XI MIPA SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 21-30.
Trimayasari, Jufri, A. W., & Harjono, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Bermuatan Karakter. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 221-226.
Wahyuni, A. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environtment, Technology and Society) Terintegrasi Karakter Materi Hukum Pascal dan Archimedes (Skripsi). Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). 13-25.
Zainul, R., Oktavia, B., & Putra, A. (2018). Pengenalan dan Pengembangan E-modul bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia dan Biologi Kota Padang Panjang. Jurusan Kimia Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)