Desain Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Solving pada Materi Zat Aditif dan Adiktif Berwawasan Literasi Halal
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v5n2.p84-89Keywords:
Science Learning Design, problem solving, Material additives and addictive substances, Halal literacyAbstract
Desain pembelajaran IPA dibuat untuk menjadi petunjuk dan arahan untuk guru IPA dalam mengajar. Tujuan penelitian desain pembelajaran IPA adalah untuk menghasilkan suatu rancangan pembelajaran IPA berbasis penyelesaian masalah yang cocok digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA materi zat aditif dan adiktif berwawasan literasi halal. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) dengan menggunakan tahapan 4D yaitu define, design, develop, and dessiminate. namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap design. Hasil Penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran IPA berbasis penyelesaian masalah berhasil di rancang dengan sintaks problem solving materi zat aditif dan adiktif berwawasan literasi halal. Pembelajaran IPA berbasis penyelesaian masalah bersarkan hasil angket dan wawancara guru IPA menunjukan bahwa alokasi waktu, peneglolaan kelas, kegiatan pembelajaran IPA pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup belum terlaksana dengan baik masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan. validasi ahli menujukan bahwa dalam penyajian perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata rhitung 0.87 serta uji kelayakan perangkat pembelajaran dinyatakan layak dengan persentase kelayakan 86,78%.
References
Abdulhak, I., & Tumbelaka, B. Y. (2010). Desain Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. BERKALA FISIKA, 13(2), 31-44.
Adelia, E., & Nasution, A. S. (2021). Desain Pembelajaran IPA Melalui Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Kelas VI SD. in Education Achievment: Journal of Science and Research, 2(3), 1-9.
Ardiansyah, A. (2022a). Analisis Literasi Halal Dalam Membentuk Gaya Hidup Islami Di Perguruan Tinggi Islam (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta). Fikrah: Journal of Islamic Education, 6(1), 1-16.
Ira, S., Novitasari, D., & Fikriyah, K. (n.d.). Pengaruh Literasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Mahasiswa Ekonomi Islam Se Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 163-178.
Lestari, R. (2020). Konsep Makanan Halal dan Thoyyib Dalam Tradisi Masyarakat Melayu Riau. Pekanbaru.Taman Karya.
Mardiana, H., Hendri Mulyana, E., & Rd Setiawan Leo, H. (2014). Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme Tentang Gaya Magnet. Jurnal Imiah Mahasiswa Pendidikan GuruSekolah Dasar.,1(1), 1-12.
Mariani, F. (2019). Prosiding Pembelajaran dan Kompetensi Pendidikan Abad 21. 1(1). 351.
Melani, N. M. A., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2021). Analisis Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berdasarkan Standar Proses Kurikulum Darurat. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia ,11(1), 37-48.
Mery, D., Hidayat, C., & Rainal Ihsan, I. (2020). Desain Pembelajaran Model Problem-Based Learning Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Peserta Didik. in Mathema Journal E-ISSN, 2(2), 1-9.
Muhammadiyah, U., Syah, Y., & Putri, A. M. (n.d.). Analisis Literasi Halal, Label Halal, Islamic Branding, dan Religious Commitment pada Pembelian Makanan di Tsabita Halal Bakery Safaah Restuning Hayati. Surakarta. LPPM. IAIN.
Rahmat, B. Z., Shonia, Q., Zahra, A., Nurhasanah, E., & Nasrulloh, A. A. (2023). Literasi Halal Food dan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Makanan Ringan di Desa Cukangkawung Kabupaten Tasikmalaya, 6(1), 29-35.
Wirabuana, A.S., Wathan, H., Agus, R.,(2022. Pengaruh Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Innisfree pada Masyarakat Muslim Medan Patumbak. Jurnal Bilal Bisnis Ekonomi Halal,3(2), 110-119.
Downloads
Published
Issue
Section

