Pengembangan E-Atlas Vertebrata pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Authors

  • Rinata Ardiana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rosita Fitrah Dewi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p46-56

Keywords:

media pembelajaran, e-Atlas vertebrata, animalia

Abstract

Siswa dapat mempelajari konten dengan lebih mudah dengan menggunakan sumber belajar yang tepat. Sebanyak 71,4% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi animalia, sesuai dengan temuan angket analisis kebutuhan kelas X IPA 3 SMA Panca Marga 1 Lamongan, dan sebanyak 92,8% siswa membutuhkan materi pembelajaran yang praktis dan ringkas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-Atlas Vertebrata sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X IPA SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Berdasarkan temuan validasi ahli materi rata-rata persentase 90,9% dinyatakan sangat valid, sedangkan  validasi ahli media rata-rata 96%. Perhitungan hasil posttest dan pretest menggunakan uji t didapatkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat distingsi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.

References

Akbar, S. (2017) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alawiyah, H., Nuri, D. M., Anandita, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Invertebrata di Kelas X Man 2 Pontianak. Bioeducation. 3(2): 9-20.

Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2013). Media Pembalajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer Science & Business Media.

Iswanti, E. N. (2019) Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta untuk Memberdayakan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. SKRIPSI UIN Raden Intan Lampung

Kusuma, R. D., Rohman, F., Syamsuri, I. (2018). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal untuk SMK Jurusan Pertanian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(3), 296-301.

Novana, T., Sukaesih, S., Prasetyo, A.P.B. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata Sebagai Suplemen Pembelajaran di SMA. Unnes Jurnal Of Biology Education. 1(1), 40-46.

Sugianto, S. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Dengan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 7 Tanjung Selor Kab. Bulungan Kalimantan Timur. PENSA E-Jurnal Pendidikan Sains. 1(1), 101-114.

Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal NALAR Pendidik. 6(1), 41-46.

Wardathi, A. N., Pradipta, A. W. (2019). Feasibility of Material, Language and Media Aspects in the Development of Statistics Textbooks for Physical Education at IKIP Budi Utomo Malang. Efektor. 6(1), 61-67.

Yudasmara, G.A., Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 48(1-3), 1-8.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 470 , PDF Downloads: 390