Pengembangan E-Atlas Vertebrata pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p46-56Keywords:
media pembelajaran, e-Atlas vertebrata, animaliaAbstract
Siswa dapat mempelajari konten dengan lebih mudah dengan menggunakan sumber belajar yang tepat. Sebanyak 71,4% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi animalia, sesuai dengan temuan angket analisis kebutuhan kelas X IPA 3 SMA Panca Marga 1 Lamongan, dan sebanyak 92,8% siswa membutuhkan materi pembelajaran yang praktis dan ringkas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-Atlas Vertebrata sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X IPA SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Berdasarkan temuan validasi ahli materi rata-rata persentase 90,9% dinyatakan sangat valid, sedangkan validasi ahli media rata-rata 96%. Perhitungan hasil posttest dan pretest menggunakan uji t didapatkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat distingsi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.
References
Akbar, S. (2017) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alawiyah, H., Nuri, D. M., Anandita, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Invertebrata di Kelas X Man 2 Pontianak. Bioeducation. 3(2): 9-20.
Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2013). Media Pembalajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Auliya, M., Nurmawati, I. (2021). Pengembangan E-Modul Materi Pisces Kelas X SMA/MA dengan Konteks Potensi Pesisir Jembrana. Indones. Jurnal MASS: Mathemathic and Natural Science Education. 2(1), 45–51.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer Science & Business Media.
Iswanti, E. N. (2019) Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta untuk Memberdayakan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. SKRIPSI UIN Raden Intan Lampung
Khairani, K., Titisari, P. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Untuk Konservasi Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus). Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 3(1), 1–11.
Kusuma, R. D., Rohman, F., Syamsuri, I. (2018). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal untuk SMK Jurusan Pertanian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(3), 296-301.
Maisyaroh, S., Dewi, R. F. (2022). Pengembangan Katalog Keanekaragaman Serangga pada Tanaman Cabai di Desa Sindetlami Sebagai Sumber Belajar. Bioeduca Jurnal Biologi Education. 4(1), 36–44.
Martani, K.D., (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3: Jurnal Pendidik Dan Profesi Pendidik 6(1), 65–72.
Montolalu, C., Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’CARTESIAN. 7(1), 44-46.
Nomleni, F. T., Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan . 8(1), 219–230.
Novana, T., Sukaesih, S., Prasetyo, A.P.B. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata Sebagai Suplemen Pembelajaran di SMA. Unnes Jurnal Of Biology Education. 1(1), 40-46.
Putri, R. A., Susantini, E., Taufikurohmah. (2021). The Development of Plant E-Atlas for Acid-Base Test Indicators as Supporting Teaching Materials During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Mipa. 22 (1), 35–44.
Sugianto, S. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Dengan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 7 Tanjung Selor Kab. Bulungan Kalimantan Timur. PENSA E-Jurnal Pendidikan Sains. 1(1), 101-114.
Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal NALAR Pendidik. 6(1), 41-46.
Wardathi, A. N., Pradipta, A. W. (2019). Feasibility of Material, Language and Media Aspects in the Development of Statistics Textbooks for Physical Education at IKIP Budi Utomo Malang. Efektor. 6(1), 61-67.
Wulansari, L. D. (2015). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan: Euphorbiales, Myrtales, dan Solanales Sebagai Sarana Identifikasi. BioEdu 4(3), 21–30.
Yudasmara, G.A., Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 48(1-3), 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section

