Kualitas LKPD-E Pada Subkonsep Kelas Pisces untuk Memingkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kinerja Siswa SMA

Authors

  • Muhammad Syifa Habli Sholihin Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat
  • Sri Amintarti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p1-9

Keywords:

Keterampilan kinerja, Kualitas LKPD-e, Keterampilan Berpikir kritis, Subkonsep kelas pisces

Abstract

Keterampilan pada abad ke-21 mengharuskan peserta didik untuk memiliki keterampilan kognitif. Keterampilan berpikir kritis adalah bagian dari keterampilan kognitif yang perlu ditunjang dengan perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diperlukan agar dapat meningkatkan keterampilan peserta didik melalui Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (LKPD-e). LKPD-e adalah bahan ajar elektronik yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja peserta didik dalam melaksanakan kegiatan berpraktikum. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; 3) small group evaluation. Penelitian ini dibatasi pada uji kelompok kecil small group evaluation dengan subjek penelitian yaitu 4 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak. Data diperoleh dari instrumen kepraktisan harapan dan keefektifan harapan. Hasil penelitian menunjukkan kepraktisan harapan mendapatkan 94,05% dengan kategori sangat baik dan keefektifan harapan LKPD-e keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil 87,53% dengan kategori sangat baik dan keterampilan kinerja peserta didik diperoleh 91,41% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, LKPD-e yang dikembangkan mudah digunakan peserta didik pada saat pembelajaran dan dinyatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kinerja peserta didik berdasarkan aspek keterampilan berpikir kritis dan rincian tugas kinerja.

References

Adinia, R., Suratno, S., Iqbal, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Aktif Berbantuan LKPD Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 64-75.

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosdakarya.

Amalia, D., Zaini, M., Halang, B. (2022). Kualitas LKPD Elektronik Pada Konsep Plantae Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 12-20.

Amani, M., Hadi, A. (2021). Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik Konsep-Konsep Sistem Organ Pada Manusia Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 24-30.

Arsyad, M., Zaini, M., Aziati, K. (2019). Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Protista Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Penelitian Berbasis Desain). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika" MOTOGPE".

Fitriani, F., Zaini, M., Kaspul, K. (2021). Kualitas LKPD Elektronik Konsep Ekosistem Jenjang SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 31(2), 131-138.

Novitasari, F., Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31-42.

Rukmana, R., Susantini, E., Bashri, A. (2020). The Effectiveness of Student Worksheet (Project-Based Learning) Based on The Values of Islamic Boarding School for The Biotechnology Subject to Train High School Students with Bioentrepreneuship Skills. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(1), 35-43.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Routlegde.

Yunita, D., Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). 154-160.

Zainul, R. (2018). Disain, Metode dan Penggunaan Software Pembelajaran Kimia Berbasis It Untuk Aktivitas Kelas dan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 600 , PDF Downloads: 767