Pengembangan Aplikasi Keanekaragaman Tanaman Obat Merapi Farma Herbal Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Anggiyani Fabilah Parwati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Triatmanto Triatmanto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p10-21

Keywords:

Pengembangan, Aplikasi, Android, Keanekaragaman, Analitis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis – jenis tanaman obat Merapi Farma Herbal yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan prototipe aplikasi keanekaragaman obat Merapi Farma Herbal oleh ahli materi, ahli media, praktisi (guru biologi) dan uji keterbacaan prototipe aplikasi oleh peserta didik. Penelitian ini terdiri dari penelitian biologi dan penelitian pendidikan biologi. Penelitian biologi menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian pendidikan biologi menggunakan jenis penelitian RnD dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai Develop saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lebih dari 200 spesies tanaman obat, namun dalam penelitian ini hanya digunakan sebanyak 21 spesies tanaman obat yang sudah mewakili seluruh tanaman. Data tersebut kemudian dikembangkan sebagai aplikasi pembelajaran yang disusun untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Aplikasi pembelajaran yang disusun dinilai layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi (guru biologi) dari segi kebenaran konsep, aspek isi, tampilan, kegrafisan, pemrograman, bahasa, dan berpikir analitis. Aplikasi pembelajaran yang disusun dinilai menarik dan user-friendly (mudah digunakan) oleh peserta didik pada aspek isi, tampilan, pemrograman, bahasa, dan berpikir analitis.

References

Apriyani, N., Hardigaluh, B., Wahyuni, E.S. (2019). Pembuatan Buklet Primata di Hutan Lindung Gunung Senujuh pada Sub Materi Pelestarian Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1-8.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakata: Raja Grafindo Persada.

Priyono, E., dan Buditjahjanto, I.G.P.A. (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Edu-Game Adventure Pada Standar Kompetensi Menginstalasi PC di SMKN 1 Tuban. Jurnal Teknik. 1 (1), 1-11.

Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Herlandy, P.B., Diah E. R., Edi, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Adobe Flash Pokok Bahasan Komunikasi Dalam Jaringan Untuk Kelas X SMK . Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, l3 (1), 29-40.

Fitriani., Wirawan, F., Faizah, U.N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(1), 55-67.

Ramos, J.L.S. Dolipas, B.B., Villamor, B.B. (2013). Higher order thinking skills and academic performance in physics of college students: a regression analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. 1(1), 48–60.

Mulyana, D., Ida, F., Darius, H. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 1(1), 95-108.

Paidi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: UNY Press.

Prambudi, S.H, Sunarto, N.F.N., Prabang, S. (2018). Strategi Pengembangan Agrowisata: Studi kasus di Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano), Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 16(2), 159-177.

Pratiwi, B., Ali, R. N., Sulistiyowati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biodiversitas Berbasis Android. Journal of Tropical Chemistry Research & Education (JTC-RE), 1(1), 36–42.

Subali, B. (2016). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: FMIPA. UNY.

Triana, V.S., Sulistyowati E. (2020). Pengembangan E-book Berbasis Android Tentang Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah Sebagai Media Pembelajaran Biologi Bagi Siswa SMA/MA Kelas X. Makalah. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek ke-V, ISSN: 2527-533X.

Wati, E., Harahap, R.D. , Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994-6004.

Yusuf, Y., Nugraha, N.B. (2020). Penggunaan E-Modul Sebagai Bahan Ajar Pada Proses Pembelajaran dalam Kondisi Pandemi Covid-19. Call for book Tema 3 (Media Pembelajaran). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Zahwa, F. A., Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 9(1), 61-78.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 380 , PDF Downloads: 344