Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan

Authors

  • Desvia Ispratiwi Tiwi Universitas Islam Riau
  • Mellisa Mellisa Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p39-45

Keywords:

Kultur jaringan, penelitian pengembangan, video

Abstract

Penggunaan media belajar, sebenarnya dapat memperlancar proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan media video pembelajaran adalah sebagai..berikut: untuk mengetahui validitas video kultur jaringan tanaman anggrek (Dendrobium oharano) penggunaan eksplan daun dengan pengaruh respon penyinaran dan hormon NAA (Naphthalene Acetic Acid) yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis video kultur jaringan termasuk dalam kriteria sangat valid. Persentase hasil validasi ahli materi, ahli media serta dosen masing-masing sebesar 100%, 96,25% dan 84,58%. Ini juga didukung respons positif siswa, sehingga media ini sangat baik (86,5%).

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64-74.

Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A., Setiadi, D. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123–129.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Fitri, H. M. M. Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas XII MA, BioEdu. 11(1), 28-38.

Gazali, Z., Nahdatain, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Biologi Sel Untuk Siswa SMA/MA Kelas IPA. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 237-238.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana., Indra P, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.

Kemenristekdikti. (2017). Panduan Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Bahan Ajar. Laman Perpustakaan Nasional. http://isbn.perpusnas.go.id/Home/InfoIsbn#,14

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam 37(1), 27-33.

Mellisa, Amnah, S., & Hardiyanty, D. (2022). Pengembangan Media Poster Kultur Jaringan di FKIP Biologi UIR. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(1), 30–44.

Mellisa, M., Yanda, Y. D. (2019). Developing audio-visual learning media based on video documentary on tissue culture explant of Dendrobium bigibbum. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 379–386.

Novalia, N., Anum, A. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi, 3(1), 31–42.

Oktaviana, A. N., Trimulyono, G. (2018). Kelayakan Teoritis Media Video Mind Mappinguntuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X pada Materi Fungi. BioEdu, 7(2), 187-193.

Rahayu, I. D. (2022). Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. Jurnal PETISI, 3(2), 44-50.

Rofina, A., Mellisa, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis video dokumenter pada materi kultur jaringan tanaman anggrek hitam (Coelogyne Pandurata) di SMKN 1 Lubuk Dalam. Biology and Education Journal, 2(1), 24–33.

Triana, D., Yuliani (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis CD Interaktif pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. BioEdu. 7(3), 577-585.

Umagapi, S., Andres, J. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Komponen-komponen Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Kota Ternate. Journal of Biology Education and Science 1(1), 35-46.

Wao, Y. P., Priska, M., Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. 3(2), 76–87.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1334 , PDF Downloads: 972