PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA PADA ASPEK BERNALAR KRITIS DAN KREATIF DI SMPIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG

Authors

  • ahmad muhlisin Universitas Tidar
  • jiantika Rahmawati Universitas Tidar
  • Rina Rahayu Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p88-109

Keywords:

bernalar kritis, desain pembelajaran IPA, karakter Pelajar Pancasila, kreatif

Abstract

Penerapan nilai dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu upaya penguatan karakter siswa. Upaya tersebut linier dengan komitmen Kemendikbud dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia yang berkarakter baik dengan kompetensi yang dapat bersaing secara global dan mencerminkan nilai luhur Pancasila di setiap perilakunya. Hasil studi pendahuluan pada kegiatan pembelajaran IPA di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang menunjukkan rendahnya karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif siswa. Perlu adanya alternatif desain pembelajaran yang mampu mengakomodasi karakter Pelajar Pancasila pada aspek keterampilan bernalar kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Learning Development Cycle (LDC). Siklus model penelitian ini meliputi tahap scope, creation, user experience, meta evaluation, dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan produk hasil pengembangan berupa desain pembelajaran IPA dalam meningkatkan karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif. Deskripsi produk ditinjau berdasarkan data yang diperoleh yaitu hasil validasi produk yang diberikan oleh para ahli dengan kriteria valid apabila mencapai kategori valid-sangat valid, data hasil keefektifan ditinjau dari ketercapaian indikator bernalar kritis dan kreatif melalui pretest dan posttest dengan kriteria efektif jika mencapai kategori sedang-tinggi, dan kepraktisan ditinjau berdasarkan penilaian keterlaksanaan oleh observer dengan kriteria praktis jika mencapai kategori praktis-sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain instruksional pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan perolehan nilai validasi isi sebesar 4,00 dan validasi konstruk sebesar 4,18, dinyatakan efektif pada kategori sedang dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,40, dan dinyatakan sangat praktis berdasarkan penilaian keterlaksanaan aktivitas guru dengan persentase 88,12% dan aktivitas siswa dengan persentase sebesar 84,93%.

References

Ayu, K. E. K., Agustini, K., Si, M., Putrama, I. M. (2016). Pengembangan Desain Instruksional Mata Pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Seni Grafis dalam Desain Komunikasi Visual untuk Multimedia Di SMK N 1 Sawan. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 5(2), 230-238.

Batubara, F. A. (2018). Desain pembelajaran (Kajian Terhadap Komponen Utama Strategi Instruksional dan Penyusunannya). Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 3(2), 657-667.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1). 17-28.

Ghufron, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 309- 319.

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185-196.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement Versus Traditional Methods: A six-thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62-70.

Kemendikbud. (2020). Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar diabad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Mardiana, H., Mulyana, E. H., Leo, S. (2013). Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme Tentang Gaya Magnet di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Muhlisin, A., Sarwanti, S., Jalunggono, G., Yusliwidaka, A., Mazid, S., Nufus, A. B. (2021). RIAS Learning Model: a Character Education Innovation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 660-667.

Nadlir, N. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339-352.

Nurhadi. (2020). Penerapan Teori Kognitivisme dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 77-95.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sayekti, I. C. (2015). Peran pembelajaran IPA di sekolah dalam Membangun Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasional dan Call Papers, 140-146.

Setiarsih, A. (2016). Penguatan Identitas Nasional Melalui Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal.

Siemens, G. (2005). Learning development cycle: Bridging Learning Design and Modern Knowledge Needs. Elearnspace Everything Elearning.

Sofiya, N. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Membaca Kritis dan Belajar Terhadap Berpikir Kritis Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Widya Praja Ungaran. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 570-575.

Sugiyono, M. P. P., Kuantitatif, P. (2014). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. VII.

Sunanto, J., Hidayat, H. (2017). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jassi Anakku, 16(1), 47-55.

Susilo, H., Prasetyo, A. P. B., Ngabekti, S. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Bervisi Konservasi Untuk Membentuk Sikap Peduli Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1065-1069.

Sutami, N., Suharsono, N., Warpala, I. 2013. Pengaruh Pembelajaran Scaffolding terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Berbahasa Inggris dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Manggis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, 3(1): 1-9.

Vitasari, S. D. (2017). Hakikat IPA dalam Penilaian Kemampuan Literasi IPA Peserta Didik SMP. In Seminar Nasional Pendidikan IPA. 2, 71-77.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1193 , PDF Downloads: 899