EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN LKPD PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA DI SEKOLAH KAWASAN PERKEBUNAN KOPI

Authors

  • Rosyida Adinia Universitas Jember
  • Suratno Suratno Universitas Jember
  • Mochammad Iqbal Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p64-75

Keywords:

Keterampilan Pemecahan Masalah, Penguasaan Konsep Biologi, LKPD Problem Solving

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi siswa di Indonesia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji efektivitas pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Control Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data  keterampilan pemecahan masalah yaitu dengan uji normalitas One Sampel Kolmogorov-Smirnov dan dilanjutkan uji Mann Whitney U. Sedangkan metode analisis data penguasaan konsep biologi dengan Uji Independent Sample T-Test dengan aplikasi SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), serta efektif meningkatkan nilai penguasaan konsep biologi siswa gain sebesar 0,62 atau sebesar 62% dengan kategori sedang dan mendapatkan hasil nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 (p < 0,05).

References

Ahliha, S. Mastuang, M., Mahardika, A. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii e smp negeri 26 banjarmasin dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam setting pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1): 118-132.

Argusni, R., Sylvia, I. (2019). Implementasi pelaksanaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1): 52-59.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, H., Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151-160.

Destalia, L., Suratno., Aprilya, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Metode Experiment pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pancaran, 3(4): 213-24.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui model problem based learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1): 53- 62.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar.

Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1): 39-46.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3): 447-458.

Eza, G. N., Zulyusri, Z., Novriyanti, E. (2018). Pengembangan lembaran kerja siswa (lks) berbasis problem solving pada materi sistem ekskresi manusia untuk SMA. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2): 75-80.

Faiqoh, E. N., Suratno, S., Yushardi, Y. (2017). Description Metacognition Skills in Academic Ability inHigh and Low Academic College Biology Education. Pancaran Pendidikan, 6(3): 39-44.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1): 1-10.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand- student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1): 64-74.

Hasanah, U., Suratno, S., Iqbal, M. (2019). The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Based on Lesson Study on the Biology Learning Achievement of High School Students. Pancaran Pendidikan, 8(1): 1-10.

Hendri, S., Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2): 10-24.

Khoiriyah, A. J., Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2): 151-160.

Khoiriyah, B. A., Suratno, S., Murdiyah, S. (2015). Pengaruh model integrasi mind map dan question student have terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA biologi kelas VII SMP negeri 10 Jember. Jurnal Edukasi, 2(2): 51-57.

Khusnul, K., Suratno., Yushardi. (2019). The patterns of skills of science process in discovery learning: a case study of science learning in coffee plantation school. In Journal of Physics: Conference Series, 1211(1): 1-11.

Lokistawara, E., Hidayat, S., Syahri, I. (2019). Upaya meningkatkan penguasaan konsep melalui model problem based learning pada materi protista Kelas X di SMA Muhammadiyah Sekayu. BIODIK, 5(1): 59-67.

Maimufi, R., Haviz, M., Delfita, R., Fajar, N. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA,2(1): 49-55.

Murdiyah, S., Suratno, S., Ardhan, A. F. N. (2020). The effect of problem-based learning integrated with concept mapping technique on students' learning activities. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1): 39-46.

Novitasari, P., Suratno, S., Iqbal, M. (2021). The Effectiveness of Inquiry Learning Model with Concept Mapping Technique on Metacognitive Awareness on Senior High School Students in Class X. Pancaran Pendidikan, 10(4): 47-58.

Nurliawaty, L., Yusuf, I., Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem solving polya. Jpi (jurnal pendidikan indonesia), 6(1): 72-81.

Simatupang, H., Ionita, F. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pencemaran lingkungan siswa sma negeri 13 medan. Jurnal Biolokus, 3(1): 245-251.

Suratno., Kurniati, D. (2017). Implementasi model pembelajaran math-science berbasis performance assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di daerah perkebunan kopi Jember. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1): 1-10.

Suratno., Komaria, N., Husniah, F., Novenda, I. L., Fahroyin, M. (2020). Biotechnology concept: Questioning of analysis with lesson study for learning community (LSLC) for higher ordered thinking skill on coffee area plantation. In Journal of Physics: Conference Series, 1563(1): 1-11.

Tivani, I., Paidi, P. (2016). Pengembangan LKS biologi berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1): 35-45.

Wakano, H., Tamaela, K., Namakule, U., Selehulano, K., Sopratu, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Ruang Lingkup Biologi Di SMA Negeri 51 Maluku Tengah. BIODIK, 6(4): 468- 475.

Wepe, S., Suratno, S., Wahono, B. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan peta konsep terhadap motivasi dan hasil belajar ipa-biologi siswa (pokok bahasan ekosistem kelas vii smpn 11 jember tahun pelajaran 2015/2016). Jurnal Edukasi, 3(2): 13-18.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 769 , PDF Downloads: 799