PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p31-42Keywords:
Critical Thinking, E-LKPD, Growth and Development, Problem SolvingAbstract
Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis, bernalar secara sistematis serta memecahkan masalah. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Oleh sebab itu, pengembangan E-LKPD berbasis problem solving sangat diperlukan guna memenuhi tuntutan pembelajaran abad 21 tentang kecakapan literasi digital pada siswa serta untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan E-LKPD berbasis problem solving pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas XII SMA yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektivan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh berupa validitas ditinjau berdasarkan aspek tampilan, isi, serta bahasa oleh ahli media dan ahli materi, kepraktisan ditinjau berdasarkan aktivitas dan respons siswa terhadap penggunaan E-LKPD, sedangkan keefektivan ditinjau berdasarkan ketercapaian indikator berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD sangat valid untuk melatih keterampilan berpikir kritis dengan tampilan dan bahasa yang baik. Hal tersebut sejalan dengan hasil kepraktisan dan keefektivan yang menyatakan bahwa E-LKPD sangat praktis untuk digunakan siswa dalam pembelajaran dan mampu melatih keterampilan berpikir kritis melalui fitur problem solving yang tersedia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem solving pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.
References
Astuti, S., Danial, M., Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(1), 90.
IMD World Digital. (2020). IMD World Digital Competitiveness Ranking 2020. In IMD World Competitiveness Center. https://www.imd.org/globalassets/wcc/docs/release-2020/digital/digital_2020.pdf diaskes pada 10 November 2021.
Ratumanan, T. G., Laurens, T. (2003). Evaluasi hasil belajar yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya: YP3IT kerjasama dengan Unipress.
Riduwan, M. B. A. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alf. Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section

