PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI DILENGKAPI TOKOH KARTUN MATERI SISTEM GERAK SISWA KELAS XI MIPA SMA

Authors

  • Septi Irma Suryani Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Bayu Sandika Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p21-30

Keywords:

ADDIE, E-Modul, Sistem gerak

Abstract

Hasil observasi di SMAN Ambulu menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis elektronik yang menarik belum tersedia. Untuk itu, dikembangkan e-modul pada materi sistem gerak yang dilengkapi dengan tokoh kartun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas e-modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek validasi materi dan validasi media, serta mendeskripsikan respons siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan modifikasi model ADDIE, yaitu analysis, design, dan development. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, angket analisis siswa, validasi materi dan media, serta respons siswa. Wawancara dilakukan kepada guru biologi kelas XI MIPA SMAN Ambulu. Angket validasi diberikan kepada ahli materi dan media, sedangkan angket respons siswa diberikan kepada 15 siswa kelas XI MIPA SMAN Ambulu. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian produk yang telah dikembangkan mencapai kriteria sangat valid berdasarkan validasi ahli materi (86,6%) dan ahli media (93,3%). Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi. Respons positif siswa mencapai kriteria sangat menarik (89,02%) sehingga e-modul yang dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi untuk siswa kelas XI MIPA SMA.

References

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Auliani, A. (2017). Pengembangan Game Edukasi Sistem Gerak pada Manusia untuk Kelas XI SMA Menggunakan Construct 2. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Herwati, N. S., Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5 (2): 180-191.

Irwandani et al., (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidika Fisika Al-BiRuNi, 6 (2): 221-231.

Khairani, M., Nasution, W. I. (2020). Analysis of Student Responses to Module Development Based on Islamic Integration in Biology Learning in Class XI. Biology Educationa, Science, & Technology. 3(2): 257-262.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Adiatama.

Kurniawan, D., Suyatna, A., Suana, W. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2 (6): 1-10.

Laili, I., Ganefri., Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (3): 306-315.

Lasmiyati., Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras. 9 (2): 161-174.

Maharani, M., Supriadi, N., Widayastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Nusantara: Jurnal Matematika, 1 (1): 101-106.

Magdalena , I., Sundari, T., Nurkamilah, S. Nasrullah, N., Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (2): 311-326.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Tarbawi. 4(1): 27-44.

Ferdinand, F., Ariewibowo, M. (2009). Praktis Belajar Biologi untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1): 17-25.

Putra, Dian Pramana. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1 (2): 88-93.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., Susilaningsih. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air Untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (4): 377-387.

Qosyim, A., Priyonggo, F. V. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (2): 38-44.

Rafika., Wahyuni, S., Buntu, A. (2022). Obstacles of Online Learning During the Covid-19 Pandemic Among Science Teachers in Palu City. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan MIPA IKIP Mataram. 10 (1): 115-120.

Rahmawati. (2012). Pengembangan Modul Multimedia Berbasis Web Materi Sistem Produksi Manusia sebagai Media Pembelajaran Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI. Skripsi, UIN Sunan KalijagaYogyakarta.

Selfia, L. (2017). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Tokoh Kartun untuk Memberdayakan Berfikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung.

Serevina, V., Sunaryo., Raihanti., Astra, M.I., Juwita, I. (2018). D evelopment of e-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET. 17 (3) : 26-36.

Simamora, F. G., Ertikanto, C., Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis LCDS terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (3): 91-101.

Suciyati, A., Adian, T. (2018). Decoloping the Fun and Educative Module in Plant Morphology and Anatomy Learning for Theenth Graders. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4 (1): 53-60.

Sudjana, A., Rivai, A. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: SB Algesindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Widodo, C. S., Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wulandari, D., Risdianto, E., Masito, R., Setiawan, I., Efendi, R. (2022). Analysis of e-Module Development Needs on the Topic of Quantity and Units at High Schools in Payakumbuh. JMKSP. 7.(1): 210-227.

Yazon, A. D. (2018). Validation and Effectiveness of Module in Assessment of Students Learning. Internatonal Journal of Science and Research. 7(2): 1833-1836.

Zulhaini., Halim, A., Murshal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2): 180-190.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1119 , PDF Downloads: 903