KUALITAS LKPD ELEKTRONIK PADA KONSEP PLANTAE BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS JENJANG SMA

Authors

  • Dina Amalia Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat
  • Bunda Halang Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p12-20

Keywords:

Development Research, Critical Thinking Skills, Electronic Student Worksheets (LKPD-e), Biology

Abstract

E-LKPD berbantuan website liveworksheets diharapkan menjadi solusi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Materi ajar E-LKPD dikemas agar dapat dipelajari peserta didik secara mandiri. Gambar dan video ditambahkan untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis dan memberikan pengalaman yang memudahkan peserta didik memahami sesuatu yang tidak jelas menjadi lebih nyata. Plantae merupakan salah satu materi yang sukar dipelajari karena objek tumbuhan yang dipelajari sangat banyak dan sukar membedakan  antara objek satu dengan yang lain. Penelitian bertujuan mendeskripsikan kualitas E-LKPD pada konsep plantae berbasis keterampilan berpikir kritis jenjang SMA berdasarkan kepraktisan harapan dan keefektivan harapan. Data penelitian diperoleh melalui uji kelompok kecil dengan respons empat orang peserta didik dalam mengisi E-LKPD.  Hasil penelitian E-LKPD menunjukkan bahwa kepraktisan harapan berdasarkan tujuh aspek penilaian tergolong kategori sangat baik dengan rata-rata 97,32%. Efektivitas harapan E-LKPD menunjukkan bahwa enam aspek keterampilan berpikir kritis tergolong kategori sangat baik. Persentase untuk setiap aspek kemampuan berpikir kritis  meliputi  interpretasi  96,43%, analisis 91,9%, evaluasi 92,2%, inferensi 94,54%, eksplanasi 92,2%, dan pengaturan diri 95,83%.

References

Akbar, S., Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Cipta Media.

Astuti, P., Purwoko, P. Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2): 145-156.

Atsani, K. M. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Damayanti, D.S., Nagazizah, N., Kurniawan, E.S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purwerejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assement and Instruction, Research Findings and Recommendations. California: California State University, Fullerton.

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Herliandry, L. D., Nurhasanah., Suban, M. E., Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1): 65-70.

Ismiati. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2): 234-247.

Mardhatillah, A., Zaini, M., Putra, A. P. (2020). Development of Worksheets for Biology High School Student-Based On Critical Thingking Skills on the Concept of Biodiversity. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1): 31-35.

Nadhiroh, E. R., Cintamulya, I. (2018). Pengembangan LKS Biologi SMA Sub Bab Plantae Berbasis Hasil Identifikasi Morfologi Daun Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1): 74-82.

Nurhayati, S., Harun, A. I., Lestari, I. (2014). Pengaruh Video-Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Pontianak Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6): 1-10.

Sari, Y. P. (2019). Pengembangan LKPD Elektronik Dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Raden Intan Lampung.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the quality of education and training. London: Routledge.

Utami, N. H. (2013). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Siswa SMA pada Konsep Pencemaran. Skripsi. Program Studi Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zaini, M. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori ke Dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 505 , PDF Downloads: 633