VALIDITAS MEDIA EDUKASI THE FISH STRUGGLE GAME UNTUK PEMBELAJARAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN

Authors

  • Khairul Yazid Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana
  • Lilik Muntamah Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana
  • Amanda Fahmi Ma’arif Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p53-63

Keywords:

Media Edukasi, The Fish Struggle Game, Karakter Cinta Lingkungan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media edukasi yang valid secara empiris pada pembelajaran Biologi materi pelestarian lingkungan bagi peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang telah dilaksanakan pada Bulan Maret hingga November 2020 di MAN 1 Jembrana. Pengembangan media yaitu tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sasaran penelitian ini adalah tersedianya media edukasi untuk menanamkan karakter cinta lingkungan pada peserta didik yang valid secara empiris. Validator media edukasi yang dikembangkan terdiri dari satu orang dosen ahli media pembelajaran dan dua orang guru Biologi. Aspek validasi media meliputi kelayakan isi, tampilan, dan bahasa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek kelayakan isi mendapat rata-rata skor 3,5 (baik), kelayakan bahasa 3,6 (sangat baik), dan kelayakan tampilan 3,8 (sangat baik). Penilaian keseluruhan The Fish Struggle Game mendapat persentase sebesar 92% dari ketiga validator dan tergolong kategori sangat layak sebagai media edukasi penanaman karakter cinta lingkungan. Simpulan penelitian ini adalah media edukasi The Fish Struggle Game sangat layak dijadikan media pembelajaran karakter cinta lingkungan.

References

Adalikwu, S.A., Iorkpilgh, I.T. (2013). The Influence of Instructional Materials on Academic Performance of Senior Secondary School Students in Chemistry in Cross River State. Global Journal of Educational Research, 20(1), 39-45.

Astriani, S.A. (2018). Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran, Paiton: Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63-70.

Febriani, V. W. (2016). Making Education Game to Choose Healthy Snacks for Children. Journal Unika Soegijapranata, 3(1), 26-32.

Gusmania, Y., Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Phythagoras, 61-67.

Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

Hikam, A. R., Kariada, N., Santosa, K., 2013. Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter pada Materi Pelestarian Lingkungan. Unnes Journal of Biology Education, 2(2), 147-155.

Hosea, R., Gregorius, S. B., Santoso, L. W. (2017). Pembuatan Game RPG Multiplayer Online Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika, 5(1), 1-7.

Ibrahim, M., Nana, S., Muhammad, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, (2017). Pemantauan Sampah Laut Indonesia Tahun 2017, 2017: Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Direktorat Jenderal Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan Kementeian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kompas.com. (2018). 2 Penyu Hijau Ditemukan Mati di Pantai Konservasi. Jakarta: Kompas.

Kurniawati, I. D., Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 23-29.

Musakkir. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1), 25-31.

Nugraha, A. C., Khairudin, M., Hertanto, D. B. (2017). Rancang Bangun Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Teknik Digital. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 92-98.

Panggayudi, D. S., Wardah, S., Pramudana, I. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. Must: Journal of Mathematics Educational, 2(2), 255-266.

Priyono, E.P.I.G.P.A., Budijahjanto (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Edu-Game Adventure pada Standar Kompetensi Menginstalasi PC di SMKN 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1), 1-11.

Riduwan., Akdon. (2008). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rismawati, M., Asnayati, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika dengan Metode Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69-78.

Sari, K. W., Saputro, S., Hastuti, B. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Materi Struktur Atom sebagai Media Pembelajaran mandiri untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 96-104.

Soraya, D. U., Elmunsyah, H., Indriyanti, V. L., Setiawan, W., Ristanti, P. Y. (2019). Development of a Mobile Based Education Game on Parikan, Paribasan, and Tembang As a Java Language Learning Media For Vocational Students. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 65-79.

Syahidi, A., Supianto, A., Tolle, H. (2019). Design and Implementation of Bekantan Educational Game (BEG) as a Banjar Language Learning Media. Journal The Learning and Technology Library, 13(3), 50-62.

Tirtamayasandi, A.P. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gerak Lurus IPA SMP. Thesis. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 25-32.

Yazid, K., Susantini, E. Herlina, F. (2016). Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 5(3), 390-396.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 312 , PDF Downloads: 456