MEDIA PEMBELAJARAN ILUSTRATIF E-BOOK TIPE FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN MEMBUAT POSTER

Authors

  • Vania Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Widowati Budijastuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Keywords:

e-book tipe flipbook, media pembelajaran ilustratif, sistem imun

Abstract

Sistem imun merupakan materi abstrak sehingga perlu visualisasi dalam bentuk ilustrasi. Dalam hal ini, poster merupakan alternatif visualisasi materi sistem imun sekaligus dapat memfasilitasi tagihan kompetensi dasar melakukan kampanye untuk materi tersebut. Melatihkan kemampuan membuat poster dapat dilakukan dengan media e-book tipe flipbook. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ilustratif berupa e-book tipe flipbook pada materi sistem imun yang valid dan dapat melatihkan kemampuan membuat poster. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ASSURE. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode validasi yang diukur berdasarkan penilaian pakar. Validitas e-book berdasarkan ciri spesifik menunjukkan skor rata-rata 4 dengan kategori sangat valid ditinjau dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan kebahasaan. Berdasarkan hasil validasi, e-book yang dikembangkan dapat melatihkan kemampuan membuat poster melalui beberapa fitur yang tersedia, serta dapat diakses secara online maupun offline.

Author Biographies

Vania Nur Azizah, Universitas Negeri Surabaya

Departement of Biology

Widowati Budijastuti, Universitas Negeri Surabaya

Departement of Biology

References

Ally, M. 2008. Foundation of Educational Theory for Online Learning. In M. Ally, Theory and Practice of Online Learning, 15-44. -: Athabasca University.

Alshalabi, I. A., Hamada, S., Elleithy, K. (2013). Research Learning Theories that Entail MLearning Education Related to Computer Science and Engineering Courses. International Journal of Engineering Sciences, 2(3): 88-95.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Basuki, W, A. Rakhmawati, S., Hastuti. (2015). Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(3): 1-20.

BSNP. (2014). Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Chandra, R. (2016). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang. Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Gani, H.A., Istiaji, E., Kusuma, A.I. (2014). Perbedaan Efektivitas Leaflet dan Poster Produk Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Jember Dalam Perilaku Pencegahan HIV/AIDS. IKESMA: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(1): 31-48.

Hess, G., Brook, E. (1998). The Class Poster Conference as a Teaching Tool. Journal of Natural Resources and Life Sciences Education, 27(1): 255-258.

Kristiani, N. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 513- 518. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Kuhu, M. (2011). Pengaruh Penggunaan Kartu Bergambar sebagai Media Promosi Kesehatan di Sekolah terhadap peningkatan pengetahuan bahaya merokok pada peserta didik SD Negeri Karangmangu Kabupaten Banyumas. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Mardhiyana, D. (2017). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1): 1-8.

Muflihatin, A. L. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik melalui Media Poster Tema Lingkungan pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas, 7(4): 307-425.

Mustami, M. K. (2009). Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Lentera Pendidikan, 12(2): 125-137.

Prasetyo, E.B. (2006). Peran Ilustrasi Visual dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2): 167-174

Prastyo, A.D., Indana, S., Purnama, E.R. (2018). Validitas Media Pembelajaran Mock Ups untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Imun. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2).

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Insania, 14(1): 92-110.

Raharjo, B. (2002). Rancangan abc eBook. http://budi.insan.co.id/articles/ebooks/ebooks.pdf. Diakses tanggal 25 September 2018.

Rasiman, Pramasdyahsari, A. (2014). Development of Mathematics Learning Media E-Comic Based on Flipbook Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journal of Education and Research, 2(11): 535-544.

Restiyowati, I. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1): 130-135.

Sadjati, I. (2008). Hakikat Bahan Ajar. http://repository.ut.ac.id /4157/1/IDIK4009-M1.pdf. Diakses pada tanggal 1 Juli 2019.

Sani, K. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3): 368-378.

Sugianto. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Ekosistem dengan Lingkungan sebagai Sumber Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 7 Tanjung Selor Kab.Bulungan Kalimantan Timur. e-Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. (Online), 1 (01), 101-114.

Sugiyanto, D., Abdullah A. G., Elvyanti, S. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flip Book Dasar Teknik Digital. Invotex, 9(2): 101-116.

Surasmi, W.A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 593-607. Surabaya: Universitas Terbuka Convention Center.

Wang, C. (2015). A Study of Usability Principles and Interface Design for Mobile E-books. Ergonomics, 58 (8): 1253-1265.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 263-278. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Wijayanti, N. K., Rini, K., Surya M. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Poster dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Indonesia Tema Cita-citaku. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-9.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract View: 374