PENGARUH SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA

Authors

  • Aulia Rahma IAIN Jember
  • Bayu Sandika IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p43-52

Keywords:

learning results, motivations, smartphone

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan smartphone terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif inferensial dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent group posttest only. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan Independent T-test. Berdasarkan hasil penelitian ini dikatahui bahwa pembelajaran berbantuan smartphone berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA, ditunjukkan dengan Sig (2-tailed) sebesar 0,002<0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.

References

Anggraini, I. S. (2011). Motivasi Belajar dan faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(2): 100-109.

Amin, M. F. (2018). Pengaruh Smartphone terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 MTs. Wali Songo Sugihwaras Bojonegoro. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ardyansyah, S. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Prgoram Studi Teknik Informatika ITN Malang. Jurnal VALTECH, 2 (2): 160-164.

Augusta, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.

Agustina, N., Priambodo, A. (2021) Pengaruh Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mengikuti Pembelajaran PJOK Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 (1): 365-371.

Barakati, D. P. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Persepsi Siswa). Skripsi. Universitas Sam Ratulangi.

Budiono, F. (2013). Persepsi dan Harapan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Data pada Smartphone di Jakarta. Jurnal Telekomunikasi, 11 (2): 93.

Dalyono, (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewanti., Triyono. (2016). Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadged Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1 (1): 123-131.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida, 5 (2): 93-196.

Fitriana, A. (2015). Pengaruh Respons Siswa pada Pemberian Reward and Punishment terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VA MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga.

Harisandy, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan SMK 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation). Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Yogyakarta.

Haq, M. K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Smartphone sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mata Kuliah Studi Fiqh Siswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Maliki Malang. Tesis.

Khaeriyah., Mahmud. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Pemanfaatan Internet Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Economic Education Analysis Journal. 3 (1): 140-149.

Maknuni, J. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Diera Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal, 2 (2): 94-106.

Manumpil, B., Amatus Y.I., Frandly O. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado. Fakultas Kedokteran. Jurnal Keperawatan, 3 (2): 1-6.

Pahrul. (2018). Dampak Penggunaan Smartphone (Studi Prilaku Sosial Siswa SMA Negeri Kecil Pulau Kulambing Kabupaten Pangkep). Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makasar.

Permadi, A. (2015). Strategi Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali Tahun 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Rachmawati, P., Amram, R., Mohammad, J. (2017). “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD pada mata kuliah Desain Media Pembelajaran”. e- JIP BIOL ,5(1): 35-40.

Sa’adah. (2015). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Prilaku Sosial Siswa di Man Cirebon 1 Kabupaten Cirebon. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institus Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.

Soboon, K., Mangundap, J. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 (1): 52-64.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprihatini, S (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1): 73-82.

Surya, B. J. (2019). Pengaruh Metode Blended Learning Berbasis Web dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas X SMA Negeri 1 Secanggang langkat. Jurnal Biolokus, 2 (1): 171-174.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 701 , PDF Downloads: 839