KUALITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KONSEP-KONSEP SISTEM ORGAN PADA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS JENJANG SMA

Authors

  • Muhkyar Amani Univesitas Terbuka
  • Abdul Hadi Univesitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p24-30

Keywords:

Kata kunci, Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Sistem Organ, Keterampilan Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan LKPD konsep sistem organ pada manusia dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan uji pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Subjek validasi meliputi satu orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru sebagai praktisi. Subjek uji perorangan dipilih secara random yaitu tiga orang peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 6 Banjarmasin sedangkan subjek uji kelompok kecil adalah enam orang peserta didik kelas XI MIA 3 SMAN 6 Banjarmasin. Instrument yang digunakan meliputi instrument validasi, kepraktisan isi, dan kepraktisan harapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori sekurang-kurangnya valid; 2) kepraktisan isi LKPD memiliki kategori sekurang-kurangnya baik dan kepraktisan harapan LKPD memiliki kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran peserta didik tingkat SMA/MA.

References

Andriyatin R., Rosidin, U., Suana, W. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa model problem-based learning materi suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3): 39-50.

Arbainsyah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topic Interaksi Makhluk Hidup DenganLingkungannya Dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.

Daryanto, D., Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.

Depdiknas. (2008). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction “The Delphi Report” Executive Summary. California: The California Academic Press.

Fadliana, H., Redjeki, T., D. Nurhayati. (2013). Studi komporasi penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Macromedia Flash dan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa materi asam basa dan garam Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3): 142.

Hartono, Z., Ibrahim, R. (2014). Pengembangan buku panduan praktikum kimia hidrokarbonberbasis keterampilan proses sains di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(4): 87-93.

Herman, Aslim. (2015). Pengembangan LKPD tekanan hidrostatik berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Sains dan Pendidikan Kimia, 11(2): 120-131.

Iqbal, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis. Tesis. Universitas Lampung.

Kemendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Mayasari, H. Syamsurizal, Maison. (2015). The development of students’ worksheets based on characters through scientific approach on statistical fluid material for senior high school. Journal Education Sains, 4(2): 324.

National Research Council. (2011). Assesing 21st Century Skills: Sumarry of a Workshop. J.A. Koenig, Rapportour. Committee on the Assessment of. 21st Century Skills. Board on Testing and Assesment, Division of Behavioral and Social Scince and Education. Washington: The National Academic Press.

Nieveen, N., Plomp, T. (2017). Five Guiding Principles for Curriculum Change. Enschede: SLO.

Permatasari, B. (2018). Pengembangan LKPD berbasis POE untuk pembelajaran fisika materimomentum dan impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(1):77.

Pratama, A.A., Sudirman, Andriani, N. (2014). Studi keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Sains, 2(5): 142.

Safitri, Zaini. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Konsep Protista Untuk Melatih Ketrampilan Proses Dan Kinerja Kelas X Madrasah Aliah. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains, Surabaya 23 Januari 2016.

Sari, M. (2014). Penggunaan Animasi Multimedia Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Lampung: IAIN Raen Intan.

Sarwinda, W. (2013). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Biologi SMA. Makalah. Disampaikan pada Seminar Biologi, Surakarta 23 September 2013.

Supiati, A., Wisanti, Budijastuti, W. (2013). Development of constructivist-based student activity sheet to practice science process skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 2(2): 145-146.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations; Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan.

Zaini. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori ke Dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract View: 119