IDENTIFIKASI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE-TIER TEST

Authors

  • Mu'arikha Mu'arikha Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Qomariyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p31-39

Keywords:

miskonsepsi, sistem pencernaan, three-tier test.

Abstract

Sistem Pencernaan merupakan salah satu topik materi Biologi. Materi ini memiliki karakteristik yaitu proses-proses yang terjadi dalam tubuh dan tidak dapat diindera secara langsung, sehingga dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar dan menimbulkan terjadinya miskonsepsi yang dapat dialami siswa. Miskonsepsi menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menghubungkan antar konsep, sehingga berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi siswa pada materi Sistem Pencernaan dengan menggunakan instrumen Three-tier test yang telah divalidasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan mengujikan instrumen soal bertingkat tiga yang menggabungkan antara tes diagnostik two-tier test dengan confidence rating (CR) atau disebut Three-Tier Test kepada siswa kelas XI SMAN 1 Menganti dengan total responden sebanyak 120 siswa. Instrumen yang diujikan sebelumnya telah divalidasi oleh dosen ahli. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan telah dinyatakan valid dengan total persentase skor rata-rata sebesar 100%. Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi Sistem Pencernaan yaitu sebesar 32,75% kategori siswa paham konsep, 11,04% kategori siswa tidak paham konsep, dan 56,21% kategori siswa yang mengalami miskonsepsi. Kriteria tingkat miskonsepsi sedang dengan rata-rata persentase sebesar 58,30%, kriteria miskonsepsi tinggi sebesar 34,20%, dan kriteria miskonsepsi rendah sebesar 7,50%.

References

Abbas, M.L.H. (2016). Pengembangan instrumen three-tier diagnostic test miskonsepsi suhu dan kalor. Ed-Humanistics, 1(2): 83–92.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Auwaliyah, R. (2017). Profil miskonsepsi siswa pada materi sistem pencernaan Kelas XI SMA. BioEdu, 6(3): 304-310.

Cardak, O. (2015). Student science teachers’ ideas of the digestive system. Journal of Education and Training Studies, 3(5): 127-133.

Depdiknas. (2008). Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., McDermott, L. C. (2015). A review & comparison of diagnostic instrument to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathemtics, Science & Technology Education, 11(5): 989–1008.

Hadjar, I. (2019). Statistik Untuk Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hairy, M. R., Kusmiyati., Yamin, M. (2018). Analisis penguasaan konsep materi sistem reproduksi pada siswa SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 13(2): 119-123.

Hidayati, U. N., Sri, S. S., Nuryanto. (2019). Desain instrumen tes three-tier multiple choice untuk analisis pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2): 2425-2436.

Ibrahim, M. (2012). Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Istighfarin, L., Rachmadiarti F., Budiono, J. D. (2015). Profil miskonsepsi siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. BioEdu, 4(3).

Jihad, A., Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kirbulut, D. Z., Geban, O. (2014). Using three-tier diagnostic test to assess students’ misconceptions of states of matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(5): 509–521.

Kusumawati, M. U. (2016). Identifikasi kesulitan belajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7): 19-26.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi dalam materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2): 166-175.

Listiani, H. (2017). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik SMA Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Dunia Hewan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Biologi UIN Raden Intan Lampung.

Mubarak, S., Endang, S., Edy, C. (2016). Pengembangan tes diagnostik three-tier multiple choice untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik Kelas XI. Journal of Innovative Science Education, 5(2): 101-110.

Nugroho, F. A. (2016). Identifikasi miskonsepsi sistem pencernaan manusia pada buku teks biologi SMA kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(5): 13-22.

Pesman, H., Eryilmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric circuits. The Journal of Educational Research, 103(3): 208-222.

Rahayu, B. (2016). Analisis Deskriptif Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Sistem Saraf Manusia Menggunakan Teknik Certainty Respon Index. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek (pp. 929-935). Bandung.

Safitri, D. (2011). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan Makanan dan Respirasi Manusia di Kelas XI IPA SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Shabania, N., Yuke, M., Sofyan, A. (2015). Pengaruh pembelajaran model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep Protista. EDUSAINS, 7(1): 70-76.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, S., Yuliani, Y., Bashri, A. (2018). Miskonsepsi siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan menggunakan three-tier test. BioEdu, 7(2): 365-370.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Syahrul, D. A., Setyarsih, W. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3): 67-70.

Tridiyanti, E. P., Yuliani. (2017). Profil miskonsepsi dengan menggunakan three-tier test pada submateri katabolisme karbohidrat. BioEdu, 6(3): 297-303.

Yasin, A. N., Ducha, N. (2017). Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusia Kelas XI SMA. BioEdu, 6(2): 169-174.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Education, 2(2): 50-58.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract View: 316