PERSEPSI CALON GURU BIOLOGI TENTANG KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH BIODIVERSITAS: KAJIAN TERKAIT SOCIETY 5.0

Authors

  • Ulfi Faizah Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Nuryani Yogi Rustaman Jurusan Biologi, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
  • Reni Ambarwati Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Anggorowati Rahayu Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p12-23

Keywords:

biodiversitas, era society 5.0, keterampilan memecahkan masalah, persepsi mahasiswa calon guru biologi

Abstract

Menghadapi Revolusi Industri 4.0 masyarakat dunia merespon dengan membentuk Society 5.0. Salah satu ciri khas society 5.0 adalah kemampuan melakukan pemecahan masalah serta dapat hidup secara berkelanjutan dan menjaga harmonisasi dengan lingkungan (termasuk biodiversitas di dalamnya), tetapi kaitan hal tersebut dengan bidang pendidikan masih jarang dikaji. Dalam bidang pendidikan perlu adanya informasi tentang persepsi paramahasiswa dalam melaksanakan keterampilan memecahkan masalah biodiversitas sehingga selanjutnya dapat dilakukan analisis terkait society 5.0 untuk menindaklanjuti program pengembangan keterampilan tersebut menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi calon guru biologi tentang keterampilan memecahkan masalah biodiversitas dan melakukan analisis terkait society 5.0. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan responden mahasiswa calon guru di suatu Universitas di Surabaya Jawa Timur (n = 85). Instrumen berupa angket google form yang berisi pertanyaan tentang keterampilan memecahkan masalah (modifikasi dari framework OECD) saat mahasiswa melaksanakan perkuliahan materi biodiversitas. Data dianalisi secara deskriptif kualitatif kemudian dikaji terkait society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata lebih dari 95% responden menyatakan bahwa mereka dalam perkuliahan telah melaksanakan tahapan-tahapan proses pemecahan masalah. Mereka juga menyatakan telah memperoleh kompetensi yang diharapkan. Berdasarkan analisis hasil penelitian terkait society 5.0 maka direkomendasikan untuk mengintegrasikan literasi baru yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia dalam melaksanakan proses pemecahan masalah. Kesimpulan penelitian adalah berdasarkan persepsi calon guru biologi tentang keterampilan memecahkan masalah biodiversitas mereka menyatakan telah melakukan tahapan-tahapan pelaksanaan proses pemecahan masalah dan memperoleh kompetensi yang diharapkan. Berdasarkan analisis terkait society 5.0, direkomendasikan pelaksanaan proses pemecahanan masalah dengan mengintegrasikan literasi baru.

Author Biographies

Ulfi Faizah, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Dosen pada Jurusan Biologi FMIPA Unesa

Nuryani Yogi Rustaman, Jurusan Biologi, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Jurusan Biologi, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Reni Ambarwati, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Dwi Anggorowati Rahayu, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

References

Alkhatib, O. J. (2019, March). A Framework for Implementing Higher-Order Thinking Skills (Problem-Solving, Critical Thinking, Creative Thinking, and Decision-Making) in Engineering & Humanities. In 2019 Advances in Science and Engineering Technology International Conferences (ASET) (pp. 1-8). IEEE.

Ambarwati, R., Faizah, U., & Rahayu, D. A. (2019, December). Enhancing the Digital Literacy of Pre-Service Biology Teacher through Animal Systematics Course. In Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2019). Atlantis Press.

Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. MIT press.

Christozov, D., & Rasheva-Yordanova, K. (2017). Data literacy: Developing skills on exploring Big Data applications. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence (IJDLDC)8(2), 14-38.

Darmaji, D., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2019, December). Quality Management Education in the Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.

Â

Dewi, M., Sari, Y. R., Amna, S., & Susanti, R. (2019, December). The understanding of lecturers about the new literacy in industrial revolution era 4.0: a study case of university of putra Indonesia yptk Padang. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1339, No. 1, p. 012105). IOP Publishing.

Faizah, U., Rustaman, N. Y., Supriatno, B. 2020. The potential of citizen science as a follow-up program of student project assignment for biodiversity studies to be meaningful. Makalah, disampaikan pada Seminar Internasional ICMSE 2020.

Firmansyah, F. E., & Ambarwati, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID RUMAH SIPUT PADA MATERI MOLLUSCA UNTUK SMA KELAS X. BioEdu7(2), 313-320.

Fukuda, K. (2020). Science, technology, and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International Journal of Production Economics220, 107460.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight27, 47-50.

Gebre, E. H. (2018). Young adults understanding and use of data: insights for fostering secondary school students data literacy. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education18(4), 330-341.

Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing teacher-students for twenty-first-century learning practices (PREP 21): a framework for enhancing collaborative problem-solving and strategic learning skills. Teachers and Teaching23(1), 25-41.

Hasse, C. (2017). Technological literacy for teachers. Oxford Review of Education43(3), 365-378.

Heberling, J. M., & Isaac, B. L. (2018). iN naturalist as a tool to expand the research value of museum specimens. Applications in Plant Sciences6(11), e01193.

Hernawati, D., Chaidir, D. M., & Meylani, V. (2020, January). The use of iNaturalist on learning courses of zoology vertebrates for prospective biology teachers. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1440, No. 1, p. 012064). IOP Publishing.

Jahari, J. (2020). Preparing Teachers in the Era of “Independence Learning†in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation24(7), 3990-3998.

Kaçan, S. D., & Şahin, F. (2018). Analysis of Science Teacher Candidates Relation between Scientific Creative Thinking Skills, Creative Problem Solving, and Project Development Skills. In SHS Web of Conferences (Vol. 48, p. 01059). EDP Sciences.

Kjelvik, M. K., & Schultheis, E. H. (2019). Getting messy with authentic data: Exploring the potential of using data from scientific research to support student data literacy. CBE—Life Sciences Education18(2), es2.

Koltay, T. (2017). Data literacy for researchers and data librarians. Journal of Librarianship and Information Science49(1), 3-14.

Lestari, S., & Santoso, A. (2019). The roles of digital literacy, technology literacy, and human literacy to encourage work readiness of accounting education students in the fourth industrial revolution era. KnE Social Sciences, 513-527.

Machfiroh, R., & Komalasari, K. (2020, March). Indonesian Youth Readiness in Supporting Unlimited Education Society 5.0. In 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019) (pp. 529-533). Atlantis Press.

Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. N. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan5(1), 61-66.

OECD. 2017. PISA 2015 Results (Volume V): Collaborative Problem Solving, PISA, OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264285521-en

Popkova, E. G., Ragulina, Y. V., & Bogoviz, A. V. (Eds.). (2019). Industry 4.0: Industrial revolution of the 21st century (p. 253). Springer.

Putri, I. D. T., Savitri, S. D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R. N., Firmansyah, F. E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan Animalpedia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi1(1), 1-9.

Rahman, R., Sakti, A. W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019, March). Elementary Education Literacy in the Era of Industrial Revolution 4.0. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Riskinaswara, L. 2020. Revolusi Industri 4.0. https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/revolusi-industri-4-0/ diakses pada 7 September 2020.

Saito, O. (2017). Future science-policy agendas and partnerships for building a sustainable society in harmony with nature. Sustainability Science12(6), 895-899.

Sanjaya, S., Herdiyeni, Y., & Hermadi, I. (2017). Pemanfaatan Layanan Web Keanekaragaman untuk Pengelolaan Informasi Tumbuhan Obat Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 4(1), 29-34.

Sari, D. I., Rejekiningsih, T., & Muchtarom, M. (2020, February). The Concept of Human Literacy as Civics Education Strategy to Reinforce Students Character in the Era of Disruption. In 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019) (pp. 1132-1141). Atlantis Press.

Shiroishi, Y., Uchiyama, K., & Suzuki, N. (2018). Society 5.0: For human security and well-being. Computer51(7), 91-95.

Silitonga, H. T. M., Panjaitan, M., & Supriyati, Y. (2020, June). Problem-solving based physics learning strategy to enhance students higher-order thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 4, p. 042104). IOP Publishing.

Skobelev, P. O., & Borovik, S. Y. (2017). On the way from Industry 4.0 to Industry 5.0: From digital manufacturing to digital society. Industry 4.02(6), 307-311.

Ying, Y. (2019). Research on college students information literacy based on big data. Cluster Computing22(2), 3463-3470.

Zaharin, N. L., Sharif, S., & Mariappan, M. (2018). Computational Thinking: A Strategy for Developing Problem Solving Skills and Higher Order Thinking Skills (HOTS). Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci8, 1265-1278.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract View: 226