KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN SMKN 4 GARUT BERDASARKAN ASPEK AFEKTIF

Authors

  • Anita Rahayu Program Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri, Fakultas Pendidikan dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Handayani Program Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri, Fakultas Pendidikan dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shinta Maharani Program Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri, Fakultas Pendidikan dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n1.p19-29

Keywords:

Aspek Afektif, Kesiapan Kerja, SMK

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu lembaga pendidikan nasional yang berperan dalam menghasilkan tenaga kerja terampil yang mempunyai kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri. Lulusan diharapkan memiliki sikap serta mental yang kuat sehingga dapat mengembangkan potensi diri dan bersaing didunia kerja. Untuk bisa memasuki dunia kerja siswa SMK perlu mempersiapkan diri dengan baik dan sikap mental yang kuat dapat dilihat dari aspek nilai afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa siap siswa
kelas XII jurusan APHP di SMK Negeri 4 Garut dilihat dari aspek afektif siswa dan bagaimana sikap yang dimiliki siswa melalui self efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel penelitian berjumlah 55 siswa. Data diperoleh melalui survei online berupa instrumen angket afektif persepsi siswa dan kemudian dianalisa dengan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan kerja ditinjau dari aspek afektif siswa kelas XII APHP termasuk dalam kategori sangat siap sebesar 50,9% dan kategori siap sebesar 40,1%. Secara keseluruhan, sikap yang sudah baik yang dimiliki siswa adalah sikap percaya diri, tanggung jawab, mampu mengatasi situasi tertekan, motivasi dan memiliki etos kerja yang baik.

References

Ansari. (2020). Pengaruh Etos Kerja dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK 1 Lambu. Artikel Skripsi. Dipublikasi. diakses melalui http://eprints.unm.ac.id/16841/.

Hendrix, R., Morrison, C. C. (2018). Student Perceptions of Workforce Readiness in Agriculture. Journal of Agricultural Education, 59(3): 213228.

Makki, B. I., Salleh, R., Memon, M. A., Harun, H. (2015). The Relationship between Work Readiness Skills, Career Self-efficacy and Career Exploration among Engineering Graduates: A Proposed Framework. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 10(9), 10071011. https://doi.org/10.19026/rjaset.10.1867.

Margunani, Nila, A. (2012). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Penguasaan Mata Diklat Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Kabupaten Kendal. Dinamika Pendidikan, 7(1): 17. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4911.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.

Rahman, A. F. (2017). Hubungan Internal Locus Of Control dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) œSMK Negeri 1 Tenggarong. eJournal Psikologi,. 5(1): 8595.

Romadoni, Abdullah, R., Silalahi, J. (2014). Tingkat Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di SMK N 1 Lembah Melintang Pasaman Barat. Artikel Skripsi. Dipublikasi. Diakses melalui http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/7889/6025.

Safitri, R. R., Atrup, Hanggara, G. S. (2018). Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Nusantara of Research, 5(2): 82-87.

Salirawati, D. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2): 214 -224.

Setyanto, A. Y. (2016). Pengaruh Etos Kerja dan Prestasi Belajar Siswa Bidang Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu Di SMK N 2 Pengasih. Skripsi. Dipublikasi. Diakses melalui https://eprints.uny.ac.id/44696/1/ADITYA%20YUDHISTIRA_09505241019.pdf.

Sugiana, A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1): 105116.

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2): 8895.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syailla, A. N. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2016/2017. Ejournal Psikologi Fisip, 5(3): 465476.

Tindaon, E. D. M., Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Hardiness dengan Efikasi Diri Keputusan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 11 Kota Semarang. Jurnal Empati, 7(3): 1056-1061.

Utami, Y. G. D., Hudaniyah. (2013). Self Efficacy Dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1): 4052. https://doi.org/2301- 8267.

Zulmi, F. A. (2018). Pengaruh Minat Bekerja, Kepercayaan Diri, dan Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, diakses melalui http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56951.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 491 , PDF Downloads: 414