IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Nindita Ardelia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • nengsih juanengsih UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p1-11

Keywords:

Pembelajaran abad 21, Pembelajaran Biologi

Abstract

Salah satu cara dalam menghasilkan keluaran peserta didik yang mampu bersaing di abad 21 ini yaitu melalui proses pembelajaran. Kurikulum 2013 yang telah diterapkan di sekolah dapat menunjang proses kegiatan pembelajaran abad 21. Oleh karena itu, gambaran terkait kegiatan dalam proses pembelajaran perlu dikaji lebih lanjut, khususnya pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan pada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang pembelajaran abad 21 termasuk pada kategori baik dengan persentase hasil sebesar 78,3%. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru termasuk pada kategori baik dengan hasil persentase sebesar 87,4% dan telah memuat beberapa kegiatan pembelajaran abad 21. Implementasi pembelajaran abad 21 di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan termasuk pada kategori cukup dengan persentase hasil keterlaksanaan sebesar 71,3%. Model pembelajaran yang sering dan paling banyak digunakan oleh guru pada materi jaringan tumbuhan dan sistem gerak adalah Discovery Learning. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran abad 21 telah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan kembali kegiatannya dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Nindita Ardelia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jurusan/Prodi Pendidikan Biologi

nengsih juanengsih, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jurusan/Prodi Pendidikan Biologi

References

Andrian, Y., Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013.

Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakata: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariningtyas, A., Wardani, S., Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas lembar kerja siswa bermuatan etnosains materi hidrolisis garam untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA. Journal Innovative Science Education, 6(2): 186–196.

Cintia, N., Kristin, F., Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif IlmuPendidikan, 32(1): 69–77.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar Kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metodik Didaktik, 2: 98–106.

Hamid, F., Budiyanto, H. (2011). Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hariyatmi, A., Megatywie, I. (2019). Kemampuan Guru Biologi MAN Surakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) Ke-IV: 534–544, Solo 27 April 2019.

Salinan Lampiran IV, Permendikbud RI No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran, Pub. L. No. No. 81 A, 1 (2013).

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraini, Tindangen, M., Maasawet, E. T. (2016). Analisis permasalahan guru terkait perangkat pembelajaran berbasis model inquiry dan permasalahan siswa terkait kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi di SMA.

Nurmala, R. S., Priantari, I. (2017). Meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif melalui penerapan discovery learning. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(1): 1–10.

Permendikbud RI No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran.

Rachmantika, A. R., Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Makalah. Disampaikan pada Semnasmat Unnes, Semarang 20 Oktober 2018.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1): 2239–2253.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Simbolika, 4(1): 62–72.

Siregar, M., Amrizal. (2018). Implementasi kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik(Sciencetific Approach) pada mata pelajaran biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4): 238–246.

Suharno. (2014). Implementasi pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1): 147–157.

Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Edisi 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Widana, I. W., Parwata, I. M. Y., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, K.,

Sumandya, I. W. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1): 24–32.

Wijaya, E., Sudjimat, D., Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Malang 12 September 2016.

Yulaikah, S., Alfindasari, D., Adawiyah, R. (2015). Integrasi sciencetific inquiry dengan kompetensi profesional guru biologi pada pembelajaran biologi di abad 21. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Malang 21 Maret 2015.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract View: 753