REPRESENTASI MENTAL MAHASISWA DALAM MEMBACA GAMBAR STRUKTUR MEMBRAN SEL SETELAH PERKULIAHAN BIOLOGI SEL DENGAN PENDEKATAN VARK

Authors

  • nengsih juanengsih UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • adi rahmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • ana ratna wulan Departemen Pendidikan Biologi
  • taufik rahman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n1.p9-18

Keywords:

Representasi mental, gambar struktur membran sel, CNET-protocol, pendekatan VARK

Abstract

Materi perkuliahan yang dipelajari dalam biologi sel meliputi struktur sel yang ultramikroskopis. Untuk mempermudah dalam mempelajarinya, maka banyak disajikan ilustrasi gambar. Kegiatan praktik seringkali mahasiswa mengalami kesulitan dalam memperoleh dan memproses informasi berupa gambar. Tujuan penelitian ini adalah mengumpulkan informasi mengenai representasi mental (RM) mahasiswa yang dihasilkan saat membaca diagram struktur membran plasma. RM mahasiswa diukur setelah mengikuti pembelajaran biologi sel yang dilaksanakan dengan pendekatan VARK. Analisis RM dilakukan pada 31 orang mahasiswa Pendidikan Biologi semester 3 pada tahun akademik 2018/2019 yang mengikuti perkuliahan biologi sel di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Intrumen penelitian berupa lembar kerja yang merupakan modifikasi model pengukuran RM dengan Protokol CNET untuk mengukur RM. Hasil penelitian menunjukkan pola dan kualitas RM yang berbeda untuk setiap siswa. Pola yang terbentuk didominasi oleh pola 2 kontrol umpan balik dengan satu pengukuran (38%). Adapun persentase skor RM untuk kategori sangat baik 29%, baik 19%, cukup 23%, kurang 10%, dan sangat kurang 19%.

Author Biographies

nengsih juanengsih, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jurusan Pendidikan Biologi

adi rahmat, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Indonesia

ana ratna wulan, Departemen Pendidikan Biologi

Departemen Pendidikan Biologi

taufik rahman, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Indonesia

 

References

Andres, H. P., Petersen, C. (2002). Presentation Media, Information Complexity, and Learning Outcomes. J. Educational Technology Systems, 30(3):225246.

Arentze, T. A., Dellaert, B. G. C., Timmermans, H. J. P. (2008). Modeling and Measuring Individuals Mental Representations of Complex Spatio-Temporal Decision Problems. Environment and Behavior, 40(6): 843869.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Campbell, N. A., Reece, J. B. (2001). Biologi (Edisi Keli). Erlangga.

Cheng, M. M. W., Gilbert, J. K. (2015). Students Visualization of Diagrams Representing the Human Circulatory System: The use of spatial isomorphism and representational conventions. International Journal of Science Education, 37(1): 136161.

Eseryel, D., Ifenthaler, D., Ge, X. (2013). Validation study of a method for assessing complex ill-structured problem solving by using causal representations. Educational Technology Research and Development, 61(3): 443463.

Fatiha, M., Rahmat, A., Solihat, R. (2017). Profile of High School Students Propositional Network Representation when Interpreting Convention Diagrams. Journal of Physics: Conference Series, 89 (5): 1742-6596.

Ferk, V., Vrtacnik, M., Blejec, A., Gril, A. (2003). Students understanding of molecular structure representations. International Journal of Science Education, 25(10): 12271245.

Gathercole, S., Alloway, T. P. (2004). Working memory and classroom learning. Dyslexia, 15: 49.

Gilakjani, A. P. (2012.) A Match or Mismatch Between Learning Styles of the Learners and Teaching Styles of the Teachers. International Journal of Modern Education and Computer Science, 4(11): 5160.

Ito, S., Sagawa, T. (2016). Information Flow and Entropy Production on Bayesian. In M. Dehmer, F. Emmert-Streib, Z. Chen, X. Li, & Y. Shi (Eds.), Mathematical Foundations and Applications of Graph Entropy (First, pp. 6399). Wiley-VCH Verlag GmbH & Co.

John Hilton III. (2016). Open educational resources and college textbook choices: a review of research on efficacy and perceptions. Educational Technology Research and Development, 64: 573590.

Lehmann, F. (1992). Semantic networks. Computers Math. Applic, 23(25): 150.

Lundh, L. (1995). Meaning structures and mental representations. Scandinavian Journal of Psychology, 36: 363385.

Morgan, A. (2014). Representations gone mental. Synthese, 191: 213244.

Paivio, A. (1990). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press.

Rahmat, A., Soesilowaty, S. A., Nuraeni, E. (2016). Studi Beban Kognitif siswa SMA dalam pembelajaran biologi: representasi mahasiswa ketika dihadapkan pada diagram isomorfisme spasial dan representasi konvensi.

Rahmat, A., Soesilowaty, S. A., Nuraeni, E., Yogi, Nugroho, I., Gemilawati, M. (2017). Representasi Mental Siswa SMA Dalam Membaca Gambar Biologi. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(1).

Ramadhan, F., Rahmat, A., Nuraeni, E. (2017). Teaching Style and Mental Representation of Teachers in Biology Learning Using Convention Picture. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1): 105113.

Reid, D. J. (1990a). The role of pictures in learning biology: Part 1, perception and observation. Journal of Iological Education, 24(3): 161172.

Reid, D. J. (1990b). The role of pictures in learning biology: Part 2, picture ” text processing. 24(4): 251258.

Sampurno, A. W., Rahmat, A., Diana, S. (2017). Students Mental Representation of Biology Diagrams/Pictures Conventions Based on Formation of Causal Network. Journal of Physics: Conference Series, 895: 1742-6596.

Thagard, P. (2005). Mind: Introduction to Cognitive Science (Second). The MIT Press.

Treagust, D. F., Tsui, C.-Y. (2013). Multiple Representations in Biologial Education- Models and Modeling in Science Education (D. F. Treagust & C.-Y. Tsui (eds.); 7th ed.). Springer.

van Riesen, S. A. N., Gijlers, H., Anjewierden, A., de Jong, T. (2018). The influence of prior knowledge on experiment design guidance in a science inquiry context. International Journal of Science Education, 40(11): 13271344

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 316 , PDF Downloads: 2278